APOTIK RUMAH ( DAUN JERUK PURUT)

Suatu hari pagi- pagi sekali suamiku sudah menunjukkan jemari tangannya yang kaku. Kalau sudah begini, biasanya kandungan kolesterol atau asam uratnya pasti naik. Tidak perlu menunggu lama, aku pergi mengambil daun jeruk purut satu genggam dari kebun di samping rumah. Lalu aku cuci bersih dan merebus daun jeruk purut tersebut  dengan air sampai tinggal separuh dari volume air semula.  Setelah hangat-hangat kuku maka air rebusan daun jeruk purut  aku berikan kepada suamiku sebagai pengganti minum air putih. Diminum tanpa gula selama 1 hari. Besok paginya alhamdulillah, jemari tangan yang semula kaku telah kembali normal. Ini hanya salah satu manfaat daun jeruk purut yang sudah acapkali dan manjur sebagai obat bagi keluarga kami.

        Lain keluarga lain pula pengalamannya. Salah satu tetangga kami adalah keturunan Arab yang rajin ikut memanen buah jeruk purut dari kebun kami untuk aromaterapi dan pengusir nyamuk. Beliau memadukan irisan buah jeruk purut dengan daun pandan  dan diletakkan di pojok ruang tidur. Hasilnya ruang tidur menjadi harum dan bebas nyamuk.

        Jeruk purut (citrus hystrix) merupakan salah satu jenis rempah yang banyak menghiasi rasa kuliner Nusantara seperti bumbu pecel, gado-gado, mendol, mendoan dan lainnya. Di Makasar dikenal dengan nama parale, orang Ambon menyebutnya sebagai lemon papeda dan di Ternate sebagai lemon titigila. Jeruk purut merupakan tanaman perdu, rantingnya berduri dengan daun berbentuk khas seperti 2 helai yang tersusun vertikal akibat pelekukan tepinya yang ekstrim, tebal dan permukaannya licin karena berlapis malam. Daun muda dapat berwarna ungu, buahnya bulat dengan tonjolan kasar di permukaannya dan berkulit tebal. Perbanyakannya dapat dilakukan dengan biji atau cangkok. Tanaman jeruk purut masuk divisi Magnoliophyta pada ordo Sapindales, termasuk famili Rutaceae dari genus Citrus. Nama latin  citrus hystrix mempunyai arti ‘ jeruk landak’  karena keberadaan duri-duri pada batangnya.

       Daun jeruk purut  ternyata mengandung tanin (1,8%), steroid triterpenoid dan minyak atsiri ( 1-1,5% v/b) yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat yang dapat dipetik dari daun jeruk purut adalah :

  1. Sebagai obat penyembuhan setelah sakit berat , dengan cara air rebusan daun jeruk purut  dibuat mandi.
  2. Obat keseleso, bengkak, masuk angin dan patah tulang, dengan cara daun jeruk purut diremas bersama daun jambu air lalu ditempelkan di tempat yang sakit.
  3. Pilek atau influenza, menggunakan air rebusan daun jeruk purut lalu diminum selagi hangat. Dapat ditambahkan dengan madu untuk menambah stamina.
  4. Relaksasi, aroma yang khas dari daun jeruk purut dan minyak atsiri yang dikandungnya dapat membantu menenangkan pikiran dan membantu mengatasi stes.
  5. Sebagai antibiotik,  efek farmakologis daun jeruk purut  dapat meningkatkan ketahanan tubuh sehingga dapat mencegah masuknya penyakit ke dalam tubuh termasuk didalamnya untuk mencegah kanker dan anti infeksi
  6. Anti inflamasi, peradangan merupakan pintu berbagai penyakit  kronis, maka air rebusan daun jeruk purut dapat membantu menanganinya.
  7. Menurunkan kadar asam urat, terbukti dari hasil laboratorium  penulis, di mana kandungan / kadar asam urat dalam darah setelah konsumsi air rebusan daun jeruk purut atau perasan air buah jeruk purut secara teratur telah menunjukkan penurunan angka dan mengurangi rasa ngilu pada sendi.

 Di sisi lain minyak atsiri daun jeruk purut dapat disuling untuk dimanfaatkan sebagai aromaterapi yanglangsung dihirup atau dicampurkan pada sabun herbal untuk diproduksi secara massal. Kandungan alamiah dari salah  satu tanaman rempah Indonesia ini selain mudah dibudidayakan juga perlu adanya sosialisasi sehingga pemanfaatannya dapat ditingkatkan sebagai apotik keluarga Indonesia yang murah, mudah, terjangkau dan siap setiap saat diperlukan. Selain itu kuliner Nusantara yang memanfaatkan daun jeruk purut sebagai bumbu baik untuk masakan atau kue khas tradisional perlu diapresiasi karena secara tidak langsung telah membantu masyarakat Indonesia untuk sehat tanpa obat kimia.

Juga penelitian-penelitian tentang manfaat daun jeruk purut perlu ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya sehingga suatu saat dapat diproduksi herbal daun jeruk purut buatan Indonesia yang berakar dari kearifan lokal.

Sedikit pengetahuan dan pengalaman yang penulis sendiri alami tentang daun jeruk purut ini moga-moga dapat membantu untuk sehat bagi keluarga Indonesia.

Bagikan Artikel :