DAUN PELURUH SUSUK YANG AJAIB

Ada kepercayaan di kalangan orang Jawa bahwa tanaman/daun kelor dapat mengeluarkan “Susuk” atau “Benda-benda ajaib” lainnya dari tubuh. Begitu juga diyakini bahwa seseorang yang sakit keras dan susah meninggal karena punya “Ilmu” maka disarankan memakai daun kelor sebagai sarana mengeluarkan ilmu tersebut. Termasuk di dalamnya untuk membersihkan orang yang sudah meninggal dari barang atau peninggalan aneh lainnya, selalu kelor yang menjadi alternatif pengobatanya.

Tetapi bukan hanya yang berbau mistis atau aura kecantikan saja yang akan luruh dengan kelor. Hasil penelitian memberikan data bahwa tanaman kelor merupakan tanaman ajaib yang dapat dibudidayakan dengan mudah dan bergizi tinggi. Kandungan Vitamin C pada kelor 7x lebih banyak daripada buah jeruk. Tentu dengan kandungan yang fantantis tersebut daun kelor layak dijadikan salah satu menu rujukan perbaikan gizi.

Di desa-desa, buah kelor yang disebut kelentang biasa digunakan sebagai bahan sayur asem. Karena rasanya yang khas mampu merangsang nafsu makan sedangkan daunnya bisa digunakan untuk sayuran bening bersama dengan pepaya muda dan daun kemangi. Untuk daerah-daerah dengan kualitas air rendah biji kelor mampu menyaring air menjadi jernih jika banyak pakai. Fungsi tersebut adalah berberapa hal yang sudah biasa dilakukan oleh masyarakat.

Tanaman kelor termasuk tanaman dari suku moringaceae dengan nama spesialis moringaoleifera atau moringa ptery gosperma baertn. Bisa ditemui pada dataran rendah sampai dengan 1000m dpl. Batangnya berkayu, tegak, berwarnah putih kotor, kulit tipis, permukaan kasar, percabangan simpodal, cabang tegak atau miring, cenderung tumbuh lurus dan memanjang, daun menjemuk , batang panjang, tersusun bersiung, beranak daun gasal, helai daun berwarnah hijau. Buah berbentuk panjang, bersegi tiga dan panjang, bentuk biji bola, berbuah setelah berumur 12-18 bulan akar tunggang berwarnah putih.

Di masyarakat banyak digunakan sebagai obat baik diolah dari daun mentah maupun dikeringkan/diekstrak. Fungsi daun kelor sebagai obat tersebut adalah:
1. Mengobati Sariawan.
    Kandungan Vitamin C sangat bagus untuk menjaga kesehatan mulut dan tubuh.
2. Menjaga Kesehatan Otak.
    Kandungan potasium yang tinggi (3x dari pisang) mampu menjaga kesehatan otak dan syaraf yang memperlukan asupan zat tersebut.
3. Menjaga Mata.
    Vitamin A yang tinggi mampu sampai bagian tubuh menjaga fungsi mata agar tetap dapat sehat.
4. Menjaga Agar Tidak Osterporosis
    Kadar kalsium yang tinggi menjaga agar tulang tidak gampang rapuh.
5. Menjaga kesehatan Kulit.
    Lapis kulit mulus tidakkering tidak pecah-pecah Vit-B pada kulit lengkap untuk mensuplai kesehatan tubuh.
6. Bersifat bebas dari peradangan.
    Penyakit-penyakit seperti redap, kanker , dapat diredap dengan daun kelor karena energi dingin yang dihasilkan.
7. Hepaprotehtor  atau pelindung hati.
    Kandungan anti oksidan yang tinggi selain bagus sebagai anti kanker juga untuk pelindung hati.

Nah tunggu apalagi, kenapa tidak kita coba?????

Bagikan Artikel :