Daun Ungu

Penyakit wasir atau ambeien, memang bukanlah penyakit yang mematikan, namun sangat mengganggu karena dapat mengganggu aktivitas seseorang sehingga bisa menurunkan kualitas hidup. Secara teoritis, wasir adalah suatu keadaan di mana telah terjadi pelebaran pembuluh darah balik dan pembengkakan jaringan di sekitarnya. Secara medis, disinyalir ada beberapa factor sebagai penyebab penyakit ini, antara lain terjadinya degenerasi ligament penyangga di bagian anus, perubahan hormonal, factor keturunan, kurang minum, kurang makanan berserat, kehamilan atau adanya tekanan besar dari perut. Salah satu cara penyembuhan dapat melalui terapi alternative dengan menggunakan tanaman obat yang secara empiric bisa mengurangi siksaan wasir. Tanaman obat tersebut adalah daun ungu (Graptophyllum pictum, (Linn). Griff.).

Daun ungu termasuk dalam family Acanthaceae, merupakan tumbuhan perdu yang memiliki batang tegak, ukurannya kecil dan tingginya hanya dapat mencapai 3 meter, biasanya tumbuh liar di pedesaan atau di tanam sebagai tanaman hias atau tanaman obat. Daun ungu cocok tumbuh di daerah dataran rendah sampai ketinggian 1250 meter di atas permukaan laut. Batangnya berwarna ungu, penampang batangnya berbentuk mendekati segitiga tumpul. Daunnya mempunyai struktur daun yang letaknya berhadap-hadapan. Bunganya bersusun dalam 1 rangkaian tandan yang berwarna merah tua. Daun ungu memiliki nama lain, seperti Demung, Tulak, Wungu (Jawa), Daun temen-temen, Handeuleum (Sunda), Temen (Bali), Karotong (Madura), Daun Putri, Dongora (Ambon), Kobi-kobi (Ternate).

Mengurangi ambeien

Bahan : 3-7 lembar daun ungu dan 1 sendok the adas  pulowaras. Cara membuat : bahan direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tersedia 1 gelas kemudian disaring.  Cara menggunakan : Minum 1 kali(1 gelas) setiap pagi secara teratur.

Melancarkan buang air seni

Bahan :1-2 genggam daun ungu dan 1 sendok teh adas pulowaras. Cara membuat : bahan ditumbuk bersama sampai halus. Cara menggunakan : Bahan hasil tumbukan dicairkan dan dioleskan pada bagian perut seperti parem selama ± 20 menit- 1 jam.

Melancarkan haid

Bahan :1-2 genggam daun ungu dan 1 sendok teh adas pulowaras. Cara membuat : bahan ditumbuk bersama sampai halus. Cara menggunakan :Bahan hasil tumbukan dicairkan dan dioleskan pada bagian perut seperti parem selama ± 20 menit- 1 jam.

Bagikan Artikel :