IBU-IBU PKK, DHARMA WANITA DAN PELAJAR BELAJAR BUDIDAYA CABAI

Jum’at 7 April, seluruh staf dan karyawan menuju  lahan praktek BBPP Ketindan ersama beberapa ibu-ibu PKK Desa Ketindan, Dharma Wanita BBPP Ketindan dan beberapa pelajar yang berasal dari MA Al Mustaqim, SMKN 1 Purwosari dan Poltek Jember melaksanakan kegiatan budidaya cabai.

    Ibu-ibu PKK, Dharma Wanita dan pelajar diundang oleh BBPP Ketindan untuk melanjutkan dari pengawalan dan pendampingan budidaya cabai yang sebelumnya telah dilaksanakan pembagian bibit cabai yang telah ditanam di polybag. 
    Saeroji sebagai widyaiswara pengampu budidaya mengajarkan dari awal penyiapan pembudiyaan hingga pada penanaman. Dilanjutkan dengan Dewi Melani widyaiswara pengampu hama dan penyakit tanaman, bagaimana perlakuan tanaman yang terkena hama dan penyakit agar segera ditangani dan tidak menjalar ke tanaman lain. 

    Antusiasme ibu-ibu dan pelajar tentang budidaya cabai sangat tinggi. Tanaman cabai merupakan tanaman pokok yang wajib dipunyai oleh rumah tangga. Tingginya harga cabai dalam beberapa waktu yang lalu dirasa sangat menyiksa bagi ibu-ibu penyuka cabai dan pedas. Mudahnya penanaman cabai juga harus diimbangi dengan pemeliharaan yang baik agar tidak cepat mati. 

    Proses kegiatan ini diakhiri dengan praktek secara langsung di screen house dengan pengisian polybag dan penanaman benih dimedia yang disiapkan sebelumnya. Harapan Kepala Balai, kegiatan ini dapat berjalan secara kesinambungan dan didampingi agar dapat berjalan dengan lancar.

 

Bagikan Artikel :