MEMBANGUN JIWA KORSA MEWUJUDKAN VISI KEMENTAN RI

“Visi Kementerian Pertanian adalah mewujudkan kedaulatan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani. Dimana menurut Presiden Joko Widodo pangan merupakan panglima pembangunan. Sedangkan di tahun 2019 pembangunan difokuskan pada pembangunan sumberdaya manusia (SDM). Bahwa setiap kementerian harus mulai merancang apa yang akan dikerjakan dalam kerja besar pembangunan SDM,” sambut Sekretaris Badan PPSDMP, Andriko Noto Susanto mengawali arahannya dalam pembukaan pelatihan dasar fungsional penyuluh pertanian ahli angkatan V dan terampil angkatan IV sejumlah 62 orang.

Sebagaimana yang disampaikan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman pada Rapat Koordinasi dengan Komisi IV DPR-RI pada 4 Juni lalu, bahwa rencana kerja Kementan 2019 adalah mengembangkan infrastruktur dan korporasi petani untuk percepatan peningkatan produksi dan ekspor pangan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat miskin. Menyikapi hal tersebut, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, juga mempunyai fokus kegiatan yaitu: penguatan kelembagaan penyuluhan, penguatan ketenagaan, penguatan kelembagaan petani, penyuluhan berbasis TIK dan peningkatan diseminasi dan adobsi teknologi.

Oleh karena itu menurut Andriko, sangat penting bagi penyuluh pertanian mempunyai jiwa korsa dalam mendukung visi Kementerian Pertanian dan fokus kegiatan BPPSDMP. Penyuluh wajib mendukung setiap program dan kebijakan dari Kementan, harus mempunyai semangat, kerja ikhlas, nasionalisme, patriotisme, mempunyai terobosan strategis serta wajib berjuang dengan segenap jiwa raga dan dedikasi yang tinggi untuk bangsa dan negara. Penyuluhpun harus paham tentang kegiatan-kegiatan dari pusat seperti Upsus pajale babe dan Siwab, optimasliasi alsintan, panen air, solusi permanen pertanian Indonesia, swasembada protein, mengembalikan kejayaan rempah, benih dan bibit gratis.

“Menyambut tahun 2019, diperlukan kesungguhan dari para penyuluh pertanian untuk mendampingi dan mengawal petani sebagai ujung tombak pembangunan pertanian,”lanjut Andriko menutup arahannya.

Bagikan Artikel :