P4S Sebagai Tempat Tumbuh Kembang Lembaga Pelatihan di Level Petani

Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S)  merupakan kelembagaan pemberdayaan petani yang memerlukan penguatan, pendampingan dan pembinaan yang sistematis. Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan tahun 2019 merancang pola pelatihan P4S bagi petani yang dilaksanakan di P4S, agar P4S dapat tumbuh berkembang dan memiliki kualitas sebagai lembaga pelatihan di level petani. 

Komoditas atau teknis pertanian yang dikelola berdasarkan spesifik lokasi P4S. Adapun tujuan dari Rakor P4S agar menyamakan persepsi dalam pelaksanaan pelatihan penguatan kapasitas kelembagaan P4S sesuai dengan standar yang ditetapkan serta saat diselenggarakan penguatan kapasitas kelembagaan P4S berjalan lancar. 

Rencananya kegiatan penguatan P4S dilaksanakan di 10 P4S terpilih sesuai dengan identifikasi dan memenuhi indikator yang ditentukan oleh petugas. Setiap angkatan diikuti oleh 30 orang peserta dari unsur petani/ kelompok tani/ pelaku usaha antar kecamatan disekitar wilayah P4S yang menyelenggarakan. 

Kesepuluh P4S yang terpilih yaitu Gurame Mapan di Blitar,  Agro Utama Mandiri dan Gangsar Makmur di Kediri,  Mari Rejeki di Jombang,  Tani Makmur di Trenggalek, Tani Jaya di Nganjuk, Red Durio di Banyuwangi, Karya Tani di Jember, Hasil Tani di Lumajang dan Sri Kuning di Pamekasan.

Bagikan Artikel :