P4S SEDANA SARI: KONSISTEN BUDIDAYA TANAMAN HORTIKULTURA

Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya atau yang biasa dikenal dengan P4S adalah lembaga pelatihan pertanian yang didirikan, dimiliki, dikelola oleh petani secara swadaya baik perorangan maupun berkelompok dan diharapkan dapat secara langsung berperan aktif dalam pembangunan pertanian melalui pengembangan sumber daya manusia pertanian dalam bentuk pelatihan/permagangan bagi petani dan masyarakat di wilayahnya.

Seperti halnya dengan P4S Sedana Sari yang berdiri pada tanggal 27 Juni tahun 2004 di Kabupaten Badung, Provinsi Bali. I Made Suparsa sang pendiri P4S ini fokus pada tanaman hortikultura . Mengawali dengan budidaya buah naga pada beberapa tahun pertama dan semakin berkembangnya P4S Sedana Sari, I Made Suparsa juga mengembangkan budidaya sayuran serta pertanian terpadu seperti pembuatan pakan ternak dan pupuk organik. Hal ini dilakukan sebagai upaya pengembangan inovasi dari P4S Sedana sari untuk petani dan masyarakat umum yang magang atau belajar di P4S.

Sejak tahun 2004 P4S Sedana Sari telah menjadi anggota Forum Komunikasi (FK) P4S Provinsi Bali dengan kelas pemula. Dan sejak tahun 2012 klasifikasi P4S Sedana Sari telah naik menjadi kelas madya. Hal ini tentunya menjadi langkah nyata dari P4S Sedana Sari yang perkembangannya semakin baik dengan indicator penialain sarana prasarana, kelembagaan, penyelenggaraan pelatihan/ permagangan, ketenagaan, pengembangan usaha agribisnis dan kerjasama serta penghargaan yang semakin baik.

Kehadiran P4S yang berdiri di Desa Selat, Kecamatan Abiansemal ini sangat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat sekitarnya terutama untuk proses pembelajaran atau permagangan. P4S ini dinilai oleh masyarakat memberikan contoh yang baik untuk memotivasi petani agar lebih maju dalam berusaha tani, pemberian pelayanan konsultasi agribisnis juga dirasakan dengan baik oleh masyarakat maupun informasi seputar dunia pertanian lainnya sebagai kebutuhan masyarakat untuk mengetahui lebih banyak tentang dunia pertanian.

 

Bagikan Artikel :