PEDULI-BERBAGI-MENGABDI MELALUI KURSUS GRATIS

Kepedulian merupakan salah satu wujud kasih sayang dan keterikatan. Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP ) Ketindan telah merealisasikan kepedulian tersebut melalui kegiatan berbagi ilmu pengetahuan dan ketrampilan kepada masyarakat yang dinamakan kursus gratis. Kegiatan kursus dilaksanakan 2 (dua) tahap.

Tahap pertama telah dibuka secara resmi pada tanggal 16 Nopember 2016 di aula Mahkota Dewa oleh Kabid Penyelenggaraan Diklat (Dra. Mafruhah, M.Agr) mewakili Ka BBPP Ketindan jam 08.30 WIB. Kursus gratis dilaksanakan selama satu (1) hari dengan tiga (3) topik perkelas yaitu pembuatan tortila (kelas I), pembuatan lotion herbal (kelas II), dan pembuatan sabun herbal (Kelas III). Pemateri masing-masing kelas adalah kelompok widyaiswara bidang pengampuan pengolahan hasil pertanian yaitu untuk tortila  dipandu Ir. Murdani, M.Agr; kelas lotion oleh Nunuk Sunu SW., MP dan kelas sabun herbal oleh Hadi Feriyanto, S.TP. Kuota peserta direncanakan 45 orang, ternyata yang mendaftar mencapai 52 orang berasal dari 4 desa sekitar BBPP Ketindan yaitu Ketindan, Lawang, Kalirejo dan Bedali.

Tahap kedua dibuka secara resmi pada tanggal 22 Nopember 2016 di aula Mahkota Dewa oleh Kepala BBPP Ketindan (Dr. Ir. Adang Warya, MM) jam 08.30 WIB. Kursus gratis dilaksanakan selama satu (1) hari dengan tiga (3) topik perkelas yaitu pembuatan balsam herbal (kelas I), pembuatan permen sirsak (kelas II), dan pembuatan minyak angina aroma terapi (Kelas III). Kuota peserta direncanakan 45 orang, realisasi mencapai 55 orang berasal dari Kec. Purwodadi Kab. Pasuruan, wilayah Kec. Lawang dan Kec. Singosari Kab. Malang.

Tujuan kursus selain dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi (pengetahuan dan ketrampilan), juga menginisiasi jiwa kewirausahaan serta menyebarkan ketrampilan yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan sekaligus sebagai bentuk pengabdian masyarakat  dari BBPP Ketindan. Semoga maksud mulia  dan langkah kecil ini dapat memperkuat persatuan dan kebersamaan dalam mengembangkan pembangunan pertanian di wilayah.

Bagikan Artikel :