PENANDATANGANAN PERJANJIAN HIBAH LAHAN ANTARA KEMENTERIAN PERTANIAN DAN PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR

Kamis, 23 Maret 2017 telah dilaksanakan penandatanganan hibah lahan antara Kementerian Pertanian dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kementan, Hari Priyono, Akhmad Sukardi selaku Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Momon Rusmono Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur, serta seluruh Kepala UPT dibawah BPPSDMP serta Badan Litbang.

Barang Milik Negara pada Kementerian Pertanian yang dihibahkan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur adalah berupa Tanah Kebun Percobaan, Rumah Negara Golongan I  Tipe E terletak di Desa Kebondalem, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto serta Permanen serta tanah tegalan yang terletak di Desa Sumbul dan Desa Klampok Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang dengan total luas 119.477m2 atau senilai Rp.13.630.439.792.

Sedangkan Barang Milik Daerah pada Pemerintah Provinsi Jawa Timur adalah tanah di desa Songgoriti Kecamatan Batu, Kota Batu seluas 17,074m2 dan tanah serta bagunan di Desa Ketindan Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang dengan rincian tanah seluas 47.334m2 serta bangunan total seluas 800m2.

Naskah Perjanjian Hibah Lahan ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Kementan dan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat dari kedua belah pihak yang disaksikan oleh pejabat lingkup Pemerintah Daerah Pemerintah Jawa Timur serta pejabat Lingkup Kementan. Dengan dilakukannya serah terima tanah dan bangunan maka pihak terkait wajib menghapus dari daftar kekayaan / inventaris Kementan atau Pemprov Jatim dan selanjutnya wajib mencatat dalam daftar kekayaan atau inventaris sesuai dengan yang dihibahkan.Diserahkannya aset sesuai yang dimaksud, adalah segala bentuk pengamanan, pemanfaatan serta pemeliharaan menjadi tanggungjawab masing-masing.

Dalam sambutannya sebelum dilakukan tanda tangan, Sekda Provinsi Jawa Timur, Akhmad Sukardi menyampaikan, “hibah lahan ini dimaksudkan untuk meneruskan program-program Kementerian Pertanian, dan mejadikan Jawa Timur sebagai lumbung pangan nasional serta suport program pembangunan nasional. Hal yang utama untuk diperjuangkan adalah membangun Jawa Timur dari sisi pangan.”

Menyambut baik dari sambutan Sekda Provinsi Jatim, Harri Priyono selaku Sekjen Kementan agar bisa mengawal dan menyukseskan program Kementan bersama-sama. Dan target Kementan untuk meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Serah Terima Hibah Lahan ini sekaligus juga menjadi tanggung jawab bersama untuk mengelola dengan baik aset-aset yang telah dihibahkan. Rombongan dari keduabelah pihak juga mengunjungi salah satu aset yang dihibahkan oleh Kementan kepada Pemprov Jatim, serta gudang benih milik Kebun Percobaan, BPTP Provinsi Jawa Timur.

Bagikan Artikel :