Praktik Kompetensi Peserta Alih Kelompok ke BPP Pacet Mojokerto

Penyuluh Pertanian sebagaimana dituangkan dalam Undang-Undang Nomor 16 tahun 2006 Pasal 1 butir 11 adalah perorangan warga Negara Indonesia yang melakukan kegiatan penyuluhan. Selanjutnya bahwa penyuluh pertanian adalah jabatan fungsional yang  memiliki ruang lingkup tugas, tanggung jawab, dan wewenang penyuluhan pertanian yang diduduki oleh Pegawai Negeri Sipil yang diberi hak serta kewajiban secara penuh oleh pejabat yang  berwenang (PERMENPAN NOMOR : PER/02/MENPAN/2/2008, pasal 1 ayat 1). Salah satu hak dan kewajiban seorang penyuluh pertanian yaitu memperoleh kesempatan untuk meningkatkan kompetensinya baik kompetensi kepribadian, kompetensi keprofesian maupun kompetensi substansi teknis penyuluhan, kesemua kompetensi tersebut akan ditemukan pada sebuah kediklatan yang dirancang sedemikian rupa menuju penyuluh pertanian yang professional.

Pada suatu kesempatan melakukan pendampingan praktek kompetensi penyuluh pertanian (PKPP) Pelatihan Alih Kelompok bagi Penyuluh Pertanian yang dilakukan selama 5 (lima) hari di Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto.

Kegiatan PKPP diantaranya yaitu koordinasi dengan penyuluh dan ketua gapoktan di kecamatan Pacet, wawancara dengan responden, identifikasi potensi wilayah, pengisian RAK, praktek penyuluhan, pembimbingan dan penyusunan laporan oleh widyaiswara. Semua kegiatan wajib diikuti oleh peserta dengan baik. Dan diakhiri dengan pemaparan oleh masing-masing kelompok yang berisi masing-masing 10 orang dengan total 30 orang.

Bagikan Artikel :