Santri Milenial Ponpes Al Hikam Belajar Berternak Ayam

Haris salah satu santri tani Ponpes Al Hikam, di Bangkalan Madura adalah peserta bimbingan teknis (bimtek) peningkatan kompetensi bagi Kelompok Santri Tani Milenial (KSTM) sekaligus penerima bantuan bahan praketk mandiri berupa ayam joper beserta paket vaksin dan obat-obatan serta bahan makanan untuk dua bulan.

Haris merasakan kegemberiaan bersama rekan-rekan KSTM-nya menerima bantuan ini. Sempat merasa kaget karena belum pernah beternak ayam sebelumnya, tapi dia dan rekan-rekan lainnya bersyukur menerima bantuan ini. Hal ini dijadikannya sebagai pengalaman perdana dalam beternak ayam yang berjumlah 500 ekor.

Tantangan berat ini akan berusaha Haris lalui dengan suka cita agar ayam-ayam ini bisa menghasilkan telur dengan baik dan telur bisa terdistribusi dengan baik ke pasa-pasar. Haris merasakan bahwa ini adalah pembelajaran untuk santri selepas menyelesaikan masa mondok/ nyantrinya. Pembekalan ini diharapkan akan mampu memacu semangat para santri milenial bisa berwirausaha dan sukses dalam mengembangkan usaha dibidang peternakan maupun sektor pertanian lainnya. Kedepan Haris berharap agar program seperti ini tetap bisa dilanjutkan dan mereka bisa dikawal agar sukses berwirausaha.

Bagikan Artikel :