SOSIALISASI PENGEMBANGAN KOMPETENSI WIDYAISWARA BBPP KETINDAN DALAM PELATIHAN KEWIDYAISWARAAN BERJENJANG TINGKAT LANJUTAN

Salah satu aspek yang penting dalam sistem kediklatan adalah tenaga pengajar, yang dalam hal ini adalah Widyaiswara, karena perannya sebagai ujung tombak dalam  penyelenggaraan Diklat. Widyaiswaralah  yang langsung berinteraksi dengan peserta Diklat dalam kelas dengan berbagi informasi, pengetahuan, dan pengalaman.  Lebih  dari  itu,  Widyaiswara  juga memberikan  motivasi dan  juga menjadi inspirasi bagi peserta Diklat. Dalam pendek kata,  peran Widyaiswara menentukan pemahaman dan kemampuan peserta dalam mengasilkan outcome Diklat.

Dengan peran strategis tersebut, Widyaiswara dituntut untuk semakin profesional karena hanya dengan kualifikasi yang mumpuni, Widyaiswara dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dalam mengelola kelas-kelas dalam Diklat Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Diklat Non ASN. Oleh karena itu untuk menjamin profesionalisme Widyaiswara, Lembaga Administrasi Negara (LAN) mengatur kurikulum dan pola Diklat  Kewidyaiswaraan Tingkat Lanjutan agar Widyaiswara BBPP Ketindan yang telah mengikuti proses Diklat dan  yang akan naik jenjang jabatan dapat memenuhi tuntutan perubahan. Output hasil Diklat  Kewidyaiswaraan Tingkat Lanjutan adalah Rancangan  Program Pengembangan Kompetensi yang disusun oleh Widyaiswara sebagai tugas akhir dalam mengikuti Pelatihan Kewidyaiswaraan Tingkat Lanjutan dan sebagai bahan untuk uji kompetensi bagi Widyaiswara yang akan naik jenjang ke Widyaiswara Muda. Sebagai salah satu rangkaian setelah mengikuti proses diklat yang harus dilaksanakan adalah tahapan sosialisasi rancangan program pengembangan kompetensi kepada stakeholder yang telah dilaksanakan pada hari Senin, 22 Juli 2019 bertempat di ruang padi dan dihadiri oleh Kepala BBPP Ketindan Dr. drh. Kresno Suharto, MP, pejabat fungsional,  pejabat struktural dan pejabat kehumasan BBPP Ketindan.

Widyaiswara yang memaparkan hasil rancangan programnya adalah  1).Lina Novi Ariani, S.TP, MP  dengan program berjudul “Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia bagi Widyaiswara BBPP Ketindan, 2). Rivana Agustin, S.TP, MP dengan program berjudul “Pelatihan Karya Tulis Ilmiah bagi Widyaiswara melalui e learning dan 3). Lutfi Triandriani, SP, MP dengan program berjudul Pelatihan Metodologi Kajiwidya dan Publikasi Ilmiah dengan metode Blended Learning.

Program Pengembangan Kompetensi ini disusun berdasarkan analisis kebutuhan diklat yang telah diselenggarakan oleh ketiga widyaiswara tersebut dan oleh karena itu  diharapkan rancangan program pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi Widyaiswara BBPP Ketindan dan  memberikan masukan bagi pengembangan pelaksanaan pelatihan di BBPP Ketindan sehingga proses pembelajaran berjalan efektif dan efisien. (Lina Novi Ariani, STP, MP).

Bagikan Artikel :