Instan Kunyit Putih | bbppketindan.bppsdmp.pertanian.go.id

Instan Kunyit Putih

Deskripsi Kegiatan

Kunyit putih (Curcuma Zedoaria), adalah termasuk salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Kunyit tergolong dalam kelompok jahe-jaheanZingiberaceae. Kunyit putih memiliki rasa yang cenderung pahit daripada kunyit kuning. Meski berbeda warna dengan kunyit pada umumnya, kunyit putih juga dipercaya bisa mengobati berbagai jenis penyakit, disebabkan kunyit putih merupakan antialergi, obat analgesik, obat tukak, antiracun (penawar terhadap bisa ular), anti-inflamasi, dan lainnya.Meski memiliki rasa yang agak pedas, baik kunyit kuning maupun kunyit putih aman untuk dikonsumsi dalam takaran yang tidak berlebihan.Kunyit Indonesia mengandung senyawa yang berkhasiat obat, yang disebut kurkuminoid terdiri dari kurkumin , desmetoksikumin sebanyak 10% dan bisdesmetoksikurkuminsebanyak 1-5% dan zat- zat bermanfaat lainnya seperti minyak atsiri yang terdiri dari Keton sesquiterpenturmerontumeon 60%, Zingiberen 25%,  felandren, sabinen, borneol dan sineillainnya. Kunyit juga mengandung Lemak sebanyak 1-3 %, karbohidrat sebanyak 3%, Protein 30%, Pati 8%, Vitamin C 45-55%, dan garam-garam mineral, yaitu zat besi, fosfor, dan kalsium

Ini beberapa manfaat kunyit putih, di antaranya:

  • Antibakteri dan antijamur
    Kunyit putih dipercaya dapat mengurangi jumlah mikroba di mulut dengan hasil yang sama dengan produk obat kumur di pasaran. Selain itu, ekstrak dari kunyit putih juga diyakini dapat menghambat aktivitas jamur pada tubuh manusia.
  • Obat Antinyeri
    Kunyit putih ternyata diyakini juga bisa dijadikan sebagai analgesik atau obat untuk menghilangkan rasa sakit. Namun, efek analgesik ini tergantung pada berapa dosis yang Anda gunakan.
  • Obat tukak
    Tepung dari akar kunyit putih dipercaya dapat mengurangi jumlah dan keasaman cairan lambung sehingga dapat digunakan sebagai obat tukak. Manfaat ini masih memerlukan penelitian klinis pada manusia.
  • Antiracun
    Ekstrak kunyit putih juga bisa menjadi antiracun atau penawar bisa ular. Hal tersebut bisa terjadi karena kunyit putih dapat menghambat aktifitas dari racun ular.
  • Anti-inflamasi
    Tanaman ini juga dipercaya dapat digunakan sebagai obat anti-inflamasi (peradangan atau pembengkakan).
  • Anti-kanker
    Kunyit putih diyakini dapat memainkan peran penting dalam penghambatan metastasis kanker atau penyebaran kanker dari suatu organ ke organ tubuh lain. Tapi, keefektifannya untuk mengatasi kanker masih memerlukan penelitian lebih lanjut.
  • Antioksidan
    Minyak esensial dari kunyit putih dipercaya dapat mengurangi dampak dari radikal bebas tertentu.
  • Kunyit putih juga diyakini bermanfaat untuk pengobatan gejala arthritis, asma, anti-rematik, dan obat diuretik.
  • Menurunkan kadar gula darah.
    Mengonsumsi kunyit putih dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah. Namun, kedua hal itu masih perlu penelitian secara medis untuk membuktikannya.
  • Obat untuk wanita
    Bahkan, kunyit putih juga diduga dapat mengobati keluhan wanita, seperti keputihan, meredakan nyeri saat haid, dan memperlancar haid. Namun, hal ini masih belum terbukti secara medis dan juga masih butuh penelitian lebih lanjut lagi.

Kemasan produk : Berat 200 gr

Harga Rp. 17.000,-

Cara penggunaan : Seduh nstan kunyit putih dengan takaran 2 sdm dalam 150 ml air hangat/dingin.

Kategori/Hasil

Sekilas

Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian.

KONTAK KAMI

Jl. Ketindan No. 1, Lawang, Malang
Telepon/Fax : +62 341 - 426235 / 429725

  0821-3981-2654

Sertifikasi ISO

 

Peta Situs

Statistik Pengunjung

Hari ini :108
Minggu ini :1,946
Bulan ini :7,448
Tahun ini :98,831