Skip to main content
x

OPIS Solusi Terkini Penanganan Busuk Tanaman Pisang Musa acuminata

Instalasi Proteksi Tanaman sebagai salah satu departemen di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan telah berhasil menemukan suatu formulasi pestisida nabati yang dapat mengobati dan mencegah busuk tanaman pisang (Musa acuminata) yang diakibatkan oleh serangan bakteri dan fusarium.


Penemuan formulasi pestisida nabati ini dilatar belakangi oleh masalahyang sering dikeluhkan masyarakat. Masalah yang dijumpai ialah ditemukannya pembusukan pada bagian batang tanaman pisang yang diakibatkan oleh serangan bakteri dan fusarium.


Ciri-ciri tanaman pisang yang terserang oleh bakteri adalah adanya perubahan warna menjadi kekuningan pada bagian daun yang sudah tua dan pembusukan pada bagian batang serta mengeluarkan cairan sehingga batang bertekstur basah. Gejala yang dapat dilihat pada tanaman pisang yang terserang oleh fusarium hamper sama dengan gejala busuk daun yang disebabkan oleh bakteri, yaitu daun akan mengalami perubahan warna menjadi kekuningan. Namun batang yang mengalami pembusukan memiliki tekstur yang kering (kisut) serta tidak berbau karena batang tanaman pisang tidak mengeluarkan cairan.


“OPIS (Obatpisang) dapat mengobati dan mencegah penyakit  busuk tanaman pisang (Musa acuminata) yang disebabkan oleh serangan bakteri dan fusarium. OPIS sendiri memiliki kemasan yang sederhana dan menarik. Hanya dengan perpaduan 1 ml OPIS dengan 10 ml air bersih sudah dapat langsung digunakan untuk penanganan satu tanaman pisang (Musa acuminata) yang mengalami kebusukan,” terang Juniawan selaku penemu formula.