Skip to main content
x

P4S Persada Nusantara (Kepedulian Terhadap Pelaku Pemberdayaan Petani)

Berawal dari melihat petani dalam berusahatani di wilayah eks Karesidenan Klakah yang tidak berwawasan agribisnis, harga murah pada saat panen karena tidak mempunyai jaringan pasar yang kuat, terbatasnya sarana prasarana sebagai media belajar dan dari rasa kepedulian selaku pemberdayaan petani, sehingga dipandang perlu dibentuknya Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) Persada Nusantara. 

P4S Persada Nusantara didirikan sejak tahun 2009 oleh H. Mahmud Hadi sebagai ketua dan dibantu putranya Eka Chandra untuk mengembangkan sayapnya lebih jauh. Visi P4S Persada Nusantara adalah menjadi lembaga pelatihan modern yang berbudaya industri dalam rangka membangun industri pertanian berbasis pedesaan. Dengan misi-misinya adalah:

  1. Melatih menjadi ahli dalam berawawasan agribisnis dan akrab lingkungan;
  2. Melaksanakan usaha pertanian dengan pendekatan agribisnis;
  3. Memanfaatkan sumberdaya lokal secara optimal;
  4. Meningkatkan aktivitas ekonomi pedesaan;
  5. Menciptakan kondisi yang dapat menjamin pembangunan pertanian berkelanjutan.

Lahan yang dimiliki P4S Persada Nusantara seluas 18 Ha yang digunakan sepenuhnya untuk usahatani, antara lain:

  • Pertanian
  1. Tanaman Pangan : padi dan palawija
  2. Perkebunan : tebu dan kelapa
  3. Hortikultura : sayuran, melon dan cabe
  • Non pertanian
  1. Peternakan : kambing PE (peranakan etawa) ras Senduro dan Kaligesing
  2. Pupuk organik
  3. Pestisida organik
  • Usahatani komoditas unggulan
  1. Budidaya Lojang IP 400 (padi, lombok, jagung, kacang tanah)
  2. Budidaya melon
  3. Budidaya kelapa
  • Usaha lain non pertanian
  1. Susu kambing

Potensi usaha dari usaha yang dijalankan berpendapatan bersih per Ha : bidang pertanian/ tahun ±Rp. 65.000.000; bidang pertanian (IP 400)/ tahun ± Rp. 95.000.000; peternakan kambing/ tahun ±Rp. 60.000.000 dan perkebunan kelapa ±Rp. 25.000.000 untuk tebu ± Rp. 24.000.000. 

P4S Persada Nusantara pimpinan bapak Mahmud mempunyai program kegiatan seperti pelatihan dan magang. Materi yang disampaikan saat pelatihan atau magang antara lain: motivasi (dinamika kelompok, kewirausahaan, pengolahan hasil pertanian, pembibitan, budidaya, praktek lapangan), dengan metode berlatih teori 50%, diskusi 20% dan praktek 30%. 

Dalam perkembangannya, P4S ini telah melengkapi dengan sarana prasarana dan fasilitas diantaranya: kantor yang dilengkapi dengan meja, kursi,  komputer, LCD, notebook; ruang belajar dilengkapi dengan meja, kursi, papan tulis; lahan praktek untuk budidaya padi, cabe, melon, tebu, peternakan kambing Peranakan Etawa, serta sengon, perpustakaan; asrama terdiri dari 8 kamar; alat mesin pertanian, kendaraan roda 2 ada 6 buah dan kendaraan roda 4 ada 2 mobil; gudang 1 buah ukuran 120 m2 dan dilengkapi kamar mandi di lokasi asrama dan dekat kelas. 

Tahun 2015 ini P4S Persada Nusantara mendapatkan penghargaan menjadi juara ke III dari Kelas Pemula sebagai salah satu P4S terbaik se-Indonesia sesuai dengan hasil Re-Klasifikasi  yang dilaksanakan oleh Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan sebagai pembina P4S di 4 Wilayah Kerja (Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Bali). Dari hasil  klasifikasi ini keunggulan di beberapa aspek penilaian dan indikator, P4S Persada Nusantara berhak mendapatkan  penghargaan tersebut dari Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo. 

Jejaring kerjasama sudah dikembangkan oleh Bapak Mahmud selaku ketua P4S ke beberapa balai seperti BBPP Ketindan sebagai pembina, BBPP Batu, Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang, Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur, Balai Proteksi dan Hama Penyakit Tanaman, Balai Penyuluhan Pertanian di Kabupaten Lumajang, Forum Komunikasi P4S seluruh Indonesia, perguruan tinggi negeri dan swasta baik di Jawa Timur maupun dari luar daerah. 

Jika anda ingin belajar dan menambah pengetahuan ilmu pertanian seperti materi yang diajarkan di P4S ini silahkan anda datang ke P4S Persada Nusantara yang beralamat di Desa Kudus, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang. Dan dapat dipastikan anda akan disambut dengan ramah oleh Sang Pemilik P4S yang bersifat kebapakan dan lembut yaitu Bapak Mahmud beserta pengurus P4S. Dengan semangatnya yang tinggi dan penuh kesabaran namun tegas, Bapak Mahmud akan mengajarkan kepada kita kiat-kiat yang baik dalam berusahatani. Nahhhh kurang apalagi??? Silahkan buktikan......

Ditulis oleh Yeniarta Margi Mulya