Skip to main content
x

Pertama Kalinya Munas IWIKP Dilakukan Secara Virtual

Seluruh Widyaiswara lingkup Kementerian Pertanian untuk pertama kalinya melakukan pertemuan secara virtual melalui zoom meeting ID IWIKP. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Musyawarah Nasional Ke-3 Ikatan Widyaiswara Indonesia Kementerian Pertanian (IWIKP). Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan panitia untuk tetap menyelenggarakan kegiatan ini. Saptini Mukti Rahajeng, Ketua Panitia Munas IWIKP dari Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan, beserta panitia yang terpilih lainnya dengan semangat membara menyiapkan seluruh sarana dan prasarananya.

Selasa, 2 September 2020 menjadi sejarah baru karena kegiatan Munas ini dilaksanakan di tengah-tengah pandemi Covid-19. Para peserta Munas ke-3 IWIKP dihadiri oleh Widyaiswara lingkup Puslatan, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian dan Widyaiswara Balai Diklat Pertanian (BDP). Seluruh Widyaiswara dari 10 UPT Pusat Pelatihan Pertanian (Puslatan) diantaranya adalah Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Ciawi, BBPKH Cinagara, BBPP Lembang, BBPP Ketindan, BBPP Batu, BBPP Batangkaluku, BBPP Binuang, BBPP Kupang, Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Jambi dan BPP Lampung. Tamu undangan berasal dari Pejabat Eselon II di 10 UPT BPPSDMP Kementan dan Pengurus DPP IWI dari Kementerian Keuangan, Ketua Majelis Pertimbangan dan Kehormatan (MPK) DPP IWI dan Sekjen DPP IWI.

Dengan tema “Bersama Mewujudkan SDM Unggul untuk Pertanian Maju, Mandiri, Modern”, kegiatan Munas dibuka oleh Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi. Selanjutnya disampaikan Laporan Pertanggungjawaban Ketua IWIKP periode 2016-2020 oleh Juniawan dari BBPP Ketindan.

Munas IWIKP semakin menarik dengan adanya seminar kompetensi. Hal ini diselenggarakan sebagai ajang diskusi antara  para widyaiswara agar dapat meningkatkan daya saing dan profesionalisme widyaiswara pertanian di Indonesia. Tema yang diusung yaitu Perkembangan dan Pengembangan Profesi Kewidyaiswaraan di Era Baru yang disampaikan oleh Kepala Pusat Pembinaan dan Pengembangan Kompetensi  ASN LAN,  Muhammad Aswad. Sedangkan Narasumber kedua yaitu Ramadani Saputra yang menyampaikan materi Penguatan Pelatihan Pertanian Berbasis IT Di Era Revolusi Industri 4.0.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan pemilihan Ketua IWIKP periode 2020-2024. Dimana runtutan acaranya dimulai dengan pembacaan berita acara Pra Munas, pembacaan juknis pemilihan IWIKP, penetapan tim formatur, pemilihan calon ketua IWIKP, penyampaian visi dan misi/program kerja calon ketua IWIKP dan diakhiri dengan penetapan Ketua IWIKP Terpilih, Juniawan, dari BBPP Ketindan terpilih kembali menjadi Ketua IWIKP periode Tahun 2020 – 2024 dengan mendapatkan suara terbanyak.

Kegiatan dilanjutkan hari Kamis 3 September 2020. Diawali dengan penyampaian hasil konsolidasi Ketua Formatur IWIKP dengan seluruh anggota formatur serta dua orang dari unsur SC dan yang terakhir dilakukan penyusunan program kerja pengurus terpilih. Kegiatan diakhiri dengan pelantikan ketua dan kepengurusan terpilih oleh Ketua Umum DPP IWI, Boediarso Teguh Widodo dan Ketua MPK, Lalu Hendry Yujana. Kegiatan munas sukses menghasilkan produk munas yang berupa diseminasi IPTEK kekinian yang mendukung tupoksi Widyaiswara yang dapat direalisasikan oleh kepengurusan periode berikutnya dalam program kerja pengurus IWIKP periode Tahun 2020-2024.

Ketua Panitia berpesan bahwa IWIKP menjadi organisasi yang dapat mewadahi, memfasilitasi dan menjembatani berbagai kepentingan terkait kewidyaiswaraan, sehingga berbagai potensi dan kendala dapat dihadapi bersama. Saptini juga menyampaikan bahwa Widyaiswara dapat lebih kompak dan solid dalam menjalankan dan meningkatkan peran pelayanan/fasilitasi kepada masyarakat.

Demikian halnya dengan harapan Ketua IWIKP Terpilih dalam Kepengurusan Tahun 2020-2024, Juniawan, menyampaikan bahwa dengan bertambahnya amanah baru, maka diharapkan para pengurus senantiasa dapat menyisihkan waktu untuk membesarkan IWI, tidak perlu banyak yang penting selalu kita sisihkan dengan meniatkan sebagai wujud ibadah bagi kita semua. “Mari kita mulai dengan bismillah, dengan niat baik agar kegiatan kita senantiasa lancar dan sukses”, tuturnya. 

Penulis : Rivana Agustin

Editor dan Penyunting : Yeniarta