Skip to main content
x
  • Menghentikan Pertumbuhan Tanduk Pedet

    Seorang peternak yang baik tidak hanya mempunyai rasa sayang kepada ternaknya, tetapi juga harus mengetahui apa, mengapa dan bagaimana kemampuan untuk menjalankan banyak pekerjaan. Sehingga semua yang dia kerjakan adalah menarik dan menguntungkan.

        Peternak sapi dapat juga merasa kewalahan atau kerepotan untuk mengerjakan pekerjaannya karena kurang dapat mengatasi sapi-sapi yang nakal  dan bertanduk. Karena bagi seekor sapi “tanduk” adalah merupakan senjata utama yang berguna untuk melindungi dirinya. Dengan tanduk sapi bisa melukai atau melumpuhkan lawannya.

  • Putri Malu Kaya Manfaat Untuk Dunia Pertanian

    Siapa yang menyangka ternyata tumbuhan liar ini memiliki manfaat dan khasiat yang luar biasa. Putri malu yang memiliki nama latin Mimosa pudica ini ternyata kaya akan kandungan mikroba yang bermanfaat dibidang pertanian.

  • Diversifikasi Tanaman Pangan Lokal Upaya Pemenuhan Kebutuhan Pangan Pasca Pandemic Covid-19

    Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) berkali-kali menegaskan pentingnya mempercepat tanam dan memanfaatkan setiap jengkal lahan kosong untuk ditanami tanaman yang cepat panen di masa pandemi Covid-19.
    “Di masa pandemi Covid-19 seperti ini ayo kita tingkatkan pemanfaatan setiap lahan untuk produksi sumber pangan. Bahkan di pekarangan rumah bisa ditanami tanaman pangan pengganti beras. Diversifikasi pangan agar masyarakat memiliki ketahanan pangan selain beras”, ungkap SYL.

  • Diversifikasi Pangan Padukan Ubi Kayu dan Kelor Menjadi Mie Mocaf Kelor

    Potensi produksi  ubi kayu di Indonesia begitu besar dengan luas lahan penanaman mencapai 1, 4 juta hektar (Hartojo (2002), dan rata-rata produksi ubi kayu mencapai 24,56 juta ton (BPS, 2015).