Skip to main content
x

Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) Intan Desa Suwaru Melebarkan Sayap Menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN

Konsep pengembangan Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) yang digagas Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian nampaknya berdampak sangat positip bagi Pemerintah Daerah khususnya Kabupaten Malang. 

Sejak berdiri tahun 2004 dan dilegalitas oleh Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan Malang sebagai P4S, ternyata diawali sebagai Kelompok Petani Kecil melalui Proyek Peningkatan Pendapatan Petani dan Nelayan Kecil (P4K) ini nampaknya memberikan warna perkembangan yang sangat baik. Atas dukungan pembinaan BP3K Kecamatan Pagelaran Kelompok usaha ini berkembang pesat didukung dengan lokasi P4S yang cukup terjangkau dengan BBPP Ketindan sehingga seringnya P4S Intan ini dijadikan sebagai lokasi Praktek Kompetensi Diklat Fungsional bahkan Diklat Teknis Pengolahan Hasil Pertanian. Keseringan penempatan peserta diklat ini sekaligus dijadikan sebagai proses pembinaan langsung oleh Widyaiswara pendamping untuk pengelolaan manajemen P4S nya.

Sejalan dengan perkembangan di tahun 2015 ini sebagai awal produk olahannya hanya sebatas pengolahan kripik hasil pertanian, saat ini P4S Intan memiliki konsep pemberdayaan wilayah perdesaan yang patut di tiru oleh P4S lainnya. Melalui jaringan kerjasama yang dibangun oleh Manajer P4S saudari Endang (Tutut) dengan Pemerintah Daerah serta Perguruan Tinggi sebagai pengembangan education nya melahirkan konsep pemberdayaan nyata bagi Desa Suwaru dengan program utamanya yaitu menggerakan para pemuda – pemudi atas dukungan kelembagaan Gereja. 

Produk pengembangan dari komoditas spesifik local ini meliputi  :

  • Selai salak
  • Bubuk biji salak sebagai minuman penyegar berkasiat terapi
  • Pie salak
  • Pia salak
  • Brownies salak
  • Prol salak
  • Sirup salak
  • Dodol salak.

Dengan inovasi produk sebanyak ini membuat ketertarikan  Ibu Camat Pagelaran untuk membuka kran peningkatan jaringan dengan Dirjen Dikti (Universitas Kanjuruan Malang) sehingga disepakati melalui MOU bersama Pemerintah Daerah yaitu Dinas Pertanian, Dinas Perinutrian dan Perdagangang, Dinas Bina Marga (Cipta Karya), Dinas Koperasi, menandatangani surat perjanjian kerjasama dengan disaksikan Bupati Malang saat meresmikan outlet P4S Intan. Kerjasama ini dimaksudkan untuk membantu mewujudkan swaru sebagai desa kampong salak yang berbasis agrowisata dan berorientasi agribisns.

Hasil kerjasama ini diwujudkan melalui pelatihan peningkatan kualitas pengolahan setiap hari sabtu setiap minggu serta pemasran produk melalui bazaar tani yang dilaksakan setiap minggunya.

Kegiatan ini mendapat respons dari pihak gereja dengan melibatkan pemuda dan pemudi gereja sebagai duta pertanian untuk mensosialisasikan hasil produk pengolahan ke seluruh penjuru gereja yang ada di wilayah Jawi Wetan. Suatu konsep promosi sekaligus pasar yang sangat efektif menjadikan P4S Intan ini boleh berbangga untuk lebih meningkatkan kualitas manajemen P4Snya sebagai Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya. Bravo P4S Intan!!!!!!!

Ditulis oleh Karel Daniel Isak Sir