Skip to main content
x

Sejarah

Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian yang terletak di Desa Ketindan, Kec. Lawang, Kabupaten Malang. Berikut ini sejarah berdirinya BBPP Ketindan dari awal hingga saat ini.

Landbouw School (Sekolah Pertanian) - 1927

Institusi ini berawal dari berdirinya Landbouw School (Sekolah Pertanian) pada tahun 1927 oleh pemerintah Hindia Belanda. Landbouw School merupakan bentuk pendidikan kejuruan di bidang pertanian dan perkebunan, yang saat itu bertujuan untuk memenuhi tenaga kerja terdidik dari penduduk pribumi. 

Naoming Dozo - 1942

Pada tahun 1942, Sekolah Pertanian ini berubah nama menjadi Naoming Dozo pada masa pendudukan Jepang. Tidak lama berselang setelah kemerdekaan Negara Indonesia,  lembaga ini digunakan oleh Pemerintah Republik Indonesia untuk melakukan kegiatan pelatihan bagi petani pemuda pejuang dan kursus kilat mantri tani.  

Sekolah Kader Guru Pertanian (SKGP) - 1949

Lembaga pelatihan Naoming Dozo hanya berjalan selama 4 tahun, karena pada tahun 1949 lembaga ini berubah nama menjadi Sekolah Kader Guru Pertanian (SKGP). Sekolah ini mempunyai tugas untuk mencetak tenaga pengajar  di bidang pertanian. 

Sekolah Persamaan Pengamatan Pertanian (SPPP) - 1962

Nama SKGP mengalami perubahan nama kembali pada tahun 1962 menjadi Sekolah Persamaan Pengamatan Pertanian (SPPP) yang kemudian berubah lagi menjadi Pusat Latihan Pertanian (PLP) pada tahun 1965. Lembaga ini menjadi pusat pelatihan bagi petugas dan masyarakat di bidang pertanian di Jawa Timur.

Balai Latihan Pegawai Pertanian (BLPP) - 1973

Seiring berkembangnya kebutuhan akan pelatihan pertanian bagi aparatur pertanian, lembaga ini berubah menjadi Balai Latihan Pegawai Pertanian (BLPP) pada tahun 1973. 

Balai Diklat Pertanian (BDP) - 2000

Pada tahun 2000, BLPP berubah nama menjadi Balai Diklat Pertanian (BDP) yang menyelenggarakan pelatihan pertanian tidak hanya kepada aparatur pertanian tetapi juga kepada non-aparatur (petani).

Balai Diklat Agribisnis Tanaman Pangan dan Tanaman Obat (BDATPO) - 2002

Selanjutnya berdasarkan Keputusan Kementerian Pertanian, lembaga ini berubah nama menjadi Balai Diklat Agribisnis Tanaman Pangan dan Tanaman Obat (BDATPO) pada tahun 2002. Lembaga ini tetap melaksanakan fungsi utamanya sebagai lembaga pelatihan di bidang pertanian, tetapi memiliki spesialisasi pelatihan di bidang pertanian tanaman pangan dan tanaman obat.

Balai Besar Diklat Agribisnis Tanaman Pangan dan Tanaman Obat (BBDATPO) - 2004

Pada tahun 2004 BDATPO berganti nama menjadi Balai Besar Diklat Agribisnis Tanaman Pangan dan Tanaman Obat (BBDATPO) Ketindan.

Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan - 2007

Pada tahun 2007 BBDATPO berganti nama kembali menjadi Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan.