Skip to main content
x
BPP Soko Dukung Ketahanan Pangan Melalui Penerapan Budidaya Padi Sistem Jarwo 2:1

Surani salah satu anggota kelompok tani (Poktan) Sari Tani Desa Sokosari Kecamatan Soko Kabupaten Tuban, telah menerapkan sistem tanam jajar legowo (jarwo) 2:1 dengan menggunakan varietas Inpari 32. Budidaya padi dengan sistem tanam ini diperoleh Surani dari kegiatan penyuluhan yang dilakukan penyuluh pertanian lapangan (PPL) di Kecamatan Soko.

Kostratani Wlingi Gandeng Petani Milenial Wujudkan Produksi Padi 12 Ton/Ha Dengan Metode MHI

Dengan diberlakukan New Normal atau masa transisi ditengah pandemic Covid 19, Kelompok Tani (Poktan) Mekarsari I sebagai salah satu binaan dari Kostratani Wlingi Kabupaten Blitar, mulai mengaktifkan pertemuan kelompok.

Kostratani Cilacap Amankan Panen Melalui Penerapan Pemupukan Berimbang

Cilacap – Ditengah masa transisi pandemic Covid-19, yang sulit diprediksi kapan berakhirnya, kebutuhan pangan juga diprediksi akan terus mengalami peningkatan seiring kembali berjalannya aktivitas masyarakat secara normal diberbagai bidang. Upaya mengamankan panen dalam rangka menjaga persediaan pangan terus dilakukan oleh petani yang didampingi oleh penyuluh pertanian beserta petugas pertanin lainnya. Tujuannya tentu mencegah terjadinya krisis.

Penyuluh Wonogiri Optimalkan Peran Kostratani Panen Bawang Merah Di Masa New Normal

Kementerian Pertanian (Kementan) terus melakukan sinergi dalam pembangunan pertanian. Salah satunya dengan memantapkan peran Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani). Di Wonogiri, peran Kostratani dioptimalkan dalam panen bawang merah.

Melalui Konstratani BPP Srono Memberikan Yang Terbaik Untuk Petani

Lokus peran Komando Strategis Pertanian atau disebut Konstratani adalah berpusat di kecamatan, dimana Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) adalah sebagai Kopasus mendampingi dan mengawal petani, sehingga PPL menjadi garda depan pembangunan pertanianian. Mengamankan ketersediaan pangan untuk 267 juta jiwa penduduk Indonesia menjadi tugas utama PPL bersama petani.

Bawang Merah Biji Alternatif Tingginya Harga Bibit Umbi Bawang Merah di Probolinggo

Bawang merah merupakan salah satu dari 11 komoditas strategis Kementerian Pertanian. Tanaman hortikultura ini memiliki nilai ekonomis yang cukup menjanjikan. Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu sentra produksi bawang merah di Jawa Timur. Berdasarkan data statistik menunjukkan pada tahun 2018 tercatat produksi bawang merah di Kabupaten Probolinggo mencapai 50.632 ton dengan luas lahan pertanaman sebesar 7.416 ha, sementara tahun 2019 tercatat produksi bawang merah di Kabupaten Probolinggo mencapai 56.060 ton dengan luas lahan pertanaman sebesar 7.234 ha.

Meski Kondisi Tanah Membelah, Petani Klaten Tetap Lakukan Gerakan Percepatan Tanam Kedelai

Klaten- Kedelai merupakan salah satu komoditas tanaman pangan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Berbagai produk olahan kedelai dapat dengan mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari seperti tahu, tempe, kecap, susu, dan masih banyak olahan lagi. Kedelai juga merupakan produk hasil pertanian yang disukai dari berbagai kalangan masyarakat sehingga tak heran jika semua masyarakat sangat gemar mengkonsumsi makanan yang satu ini.

Ibu Rumah Tangga Ini Sulap Pekarangan Menjadi Lahan Pertanian Potensial

Rawan pangan saat ini telah menjadi isu santer dan bisa menjadi kenyataan bila tidak dicari solusinya. Lahan yang semakin berkurang, degradasi lahan yang terus menurus, serangan hama dan penyakit, pertambahan penduduk, menjadi penyebab permasalahan pangan, ditambah lagi pandemi covid-19 yang masih tinggi.  Pemerintah melalui Kementerian Pertanian tidak berhenti berusaha mengatasi persoalan tersebut. Banyak program yang telah digelontorkan, tetapi seluruh upaya itu harus diikuti konsistensi dan semangat oleh masyarakat.

Menghentikan Pertumbuhan Tanduk Pedet

Seorang peternak yang baik tidak hanya mempunyai rasa sayang kepada ternaknya, tetapi juga harus mengetahui apa, mengapa dan bagaimana kemampuan untuk menjalankan banyak pekerjaan. Sehingga semua yang dia kerjakan adalah menarik dan menguntungkan.

    Peternak sapi dapat juga merasa kewalahan atau kerepotan untuk mengerjakan pekerjaannya karena kurang dapat mengatasi sapi-sapi yang nakal  dan bertanduk. Karena bagi seekor sapi “tanduk” adalah merupakan senjata utama yang berguna untuk melindungi dirinya. Dengan tanduk sapi bisa melukai atau melumpuhkan lawannya.

Putri Malu Kaya Manfaat Untuk Dunia Pertanian

Siapa yang menyangka ternyata tumbuhan liar ini memiliki manfaat dan khasiat yang luar biasa. Putri malu yang memiliki nama latin Mimosa pudica ini ternyata kaya akan kandungan mikroba yang bermanfaat dibidang pertanian.

Subscribe to Ilmu Pertanian