Skip to main content
x
Gerakan Diversifikasi Pangan Ala KWT Dewa Kembar Kota Makassar

Bayam brazil  (Althernanthera sissoo) adalah spesies tanaman sayuran dalam famili Amaranthaceae, yang berasal dari Brazil dan Amerika Selatan. Jenis bayam ini belum lazim dikonsumsi oleh masyarakat, sehingga jarang dilirik untuk dijadikan sebagai sayuran dalam menu makanan sehari-hari.

Kostratani Cilacap Amankan Panen Melalui Penerapan Pemupukan Berimbang

Cilacap – Ditengah masa transisi pandemic Covid-19, yang sulit diprediksi kapan berakhirnya, kebutuhan pangan juga diprediksi akan terus mengalami peningkatan seiring kembali berjalannya aktivitas masyarakat secara normal diberbagai bidang. Upaya mengamankan panen dalam rangka menjaga persediaan pangan terus dilakukan oleh petani yang didampingi oleh penyuluh pertanian beserta petugas pertanin lainnya. Tujuannya tentu mencegah terjadinya krisis.

Sambut New Normal, Kostratani Sigaluh Banjarnegara Aktifkan Kembali Pertemuan Poktan

BANJARNEGARA. “Pertanian tidak boleh berhenti apapun yang terjadi” seperti itulah yang seringkali didengungkan oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasil Limpo (SYL) diberbagai kesempatan untuk memberikan semangat kepada petani. Seperti halnya geliat pertanian memasuki era New Normal di tengah pandemic Covid 19 tidak terhenti, petani tetap melakukan ativItasnya ke sawah, ladang ataupun kebun yang mereka punya.

Petani Milenial Wonogiri Tetap Eksis di Tengah Pandemi Covid 19

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan bahwa generasi milenial adalah penentu kemajuan pembangunan pertanian di masa depan. Ia meyakini tongkat estafet pembangunan pertanian ada pada pundak generasi muda. 

Sulap Lahan Kering Jadi Kebun Pisang Produktif dan Bernilai Ekonomis Tinggi

Lahannya kering berpasir dan minim sumber air. Hanya mengandalkan air hujan, lahan kering ini disulap menjadi kebun pisang yang sangat produktif dan benilai ekonomis tinggi. 

Integrasi Pengelolaan Keuangan Dalam PLEK Program IPDMIP Tahun 2020

Pelatihan Literasi dan Edukasi Keuangan (PLEK) merupakan salah satu program pelatihan yang mengintegrasikan kebutuhan akan pentingnya literasi dan pembelajaran keuangan bagi petani melalui pembinaan yang berkelanjutan dari penyuluh pertanian yang bertugas di wilayah yang bersangkutan.

Ibu Rumah Tangga Ini Sulap Pekarangan Menjadi Lahan Pertanian Potensial

Rawan pangan saat ini telah menjadi isu santer dan bisa menjadi kenyataan bila tidak dicari solusinya. Lahan yang semakin berkurang, degradasi lahan yang terus menurus, serangan hama dan penyakit, pertambahan penduduk, menjadi penyebab permasalahan pangan, ditambah lagi pandemi covid-19 yang masih tinggi.  Pemerintah melalui Kementerian Pertanian tidak berhenti berusaha mengatasi persoalan tersebut. Banyak program yang telah digelontorkan, tetapi seluruh upaya itu harus diikuti konsistensi dan semangat oleh masyarakat.

Semangat Petani Cabai dan Optimisme Di Era Transisi New Normal

Ditengah pandemi Covid-19 dan transisi era new normal, para petani di  Kecamatan Kaliwungu khususnya di Desa Blimbing Kidul, Gamong dan Sidorekso tengah resa. Betapa tidak, wabah ini membuat hasil panen cabai harganya anjlok di tingkat petani. Hingga saat ini harga cabai berada pada kisaran 10.000,00 per kg ditingkat petani dan ditingkat konsumen Rp.12.000,00 - 15.000,00 per Kg.

Membangun Kelompok Tani Yang Tangguh

Kelompok tani (Poktan) merupakan salah satu mitra dari berbagai elemen yang mempunyai kepentingan untuk mencapai tujuan dalam menghadapi daya saing ekonomi nasional dan global.  Kondisi poktan saat ini perlu pembinaan dan pendampingan dalam menjawab tantangan perubahan jaman. Pembinaan kelompok tani diarahkan pada peningkatan kemampuan melaksanakan fungsinya, peningkatan kemampuan para anggota dalam mengembangkan agribisnis, penguatan poktan menjadi lebih tangguh, kuat dan mandiri.

Atasi Harga Anjlok, KWT Sekar Wangi Sulap Salak Menjadi Minuman Segar dan Bernilai Ekonomis Tinggi

Banjarnegara- Desa Prigi Kecamatan Sigaluh Kabupaten Banjarnegara merupakan salah satu desa sentra penghasil Salak, dimana sebagian besar penduduknya berpengasilan dari bertani yaitu budidaya salak dan hampir 1/3 wilayah adalah kebun salak.

Subscribe to Ekonomi Pertanian