Skip to main content
x
Gerakan Diversifikasi Pangan Ala KWT Dewa Kembar Kota Makassar

Bayam brazil  (Althernanthera sissoo) adalah spesies tanaman sayuran dalam famili Amaranthaceae, yang berasal dari Brazil dan Amerika Selatan. Jenis bayam ini belum lazim dikonsumsi oleh masyarakat, sehingga jarang dilirik untuk dijadikan sebagai sayuran dalam menu makanan sehari-hari.

Perdana: E-Training Swadana Pengolahan Hasil Rimpang

Pandemic Covid-19 memaksa kita untuk berinisiatif agar tetap berkarya. Begitu pula dengan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP Ketindan), menyadari pentingnya peningkatan imunitas tubuh di masa pandemic ini maka olahan rimpang menjadi salah satu potensi dari biodiversitas Indonesia yang layak untuk diberdayakan, disebarluaskan dan dimanfaatkan.

Sosok Milenial, Penerus dan Pengembang Bisnis Sang Ayah

Siapa masyarakat Indonesia yang tak pernah menikmati namanya tempe. Panganan satu ini begitu favorit di semua level kesejahteraan masyarakat, mulai dari perdesaan hingga perkotaan, mulai dari rakyat jelata hingga gedongan.

Atasi Harga Anjlok, KWT Sekar Wangi Sulap Salak Menjadi Minuman Segar dan Bernilai Ekonomis Tinggi

Banjarnegara- Desa Prigi Kecamatan Sigaluh Kabupaten Banjarnegara merupakan salah satu desa sentra penghasil Salak, dimana sebagian besar penduduknya berpengasilan dari bertani yaitu budidaya salak dan hampir 1/3 wilayah adalah kebun salak.

Croissant Singkong Alternatif Potensi Bisnis Dalam Peningkatan Ketahanan Pangan

Singkong atau ubi kayu menjadi salah satu bahan pangan alternatif yang mudah diolah menjadi berbagai produk pangan olahan. Rivana Agustin Widyaiswara Pengolahan Hasil di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan Malang, khususnya di Laboratorium Pengolahan Hasil telah mengembangkan serta membuat diversifikasi produk dari singkong yakni croissant singkong. Resep pembuatannya telah disesuaikan dengan kebutuhan petani maupun yang dapat digunakan masyarakat secara luas.

Diversifikasi Pangan Padukan Ubi Kayu dan Kelor Menjadi Mie Mocaf Kelor

Potensi produksi  ubi kayu di Indonesia begitu besar dengan luas lahan penanaman mencapai 1, 4 juta hektar (Hartojo (2002), dan rata-rata produksi ubi kayu mencapai 24,56 juta ton (BPS, 2015).

Tantangan dan Peluang Mekanisme Pertanian

“Fakta mendesak yang harus ditangani setelah saya kunjungi 50 kabupaten di 14 provinsi, yaitu tantangan petani kita menghadapi kondisi yang belum sepenuhnya kondusif, sebab sarana produksi pertanian yang terbilang minim. Tahun ini bantuan berupa traktor dan alsintan lainnya berjumlah sekitar 69 ribu. Jumlah itu merupakan terbanyak dalam sejarah pembagian bantuan alsintan kepada petani” (Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, Menteri Pertanian 2014-2019) Editorial, Mentan  Menyapa.

Smart Packaging Terobosan Teknologi Nano Di Bidang Pengemasan Produk Pertanian

Nanoteknologi atau nanosains adalah ilmu pengetahuan dan teknologi pada skala nanometer, atau sepermilyar meter. Nanoteknologi merupakan  suatau teknologi yang dihasilkan dari pemanfaatan sifat-sifat molekul atau struktur atom apabila berukuran  nanometer. Jadi apabila molekul atau struktur dapat dibuat dalam ukuran nanometer maka akan dihasilkan sifat-sifat baru yang luar biasa. Sifat-sifat baru inilah yang dimanfaatkan untuk keperluan teknologi, sehingga teknologi ini disebut nanoteknologi. Nanoteknologi adalah teknik manipulasi atau rekayasa ukuran untuk berbagai manfaat dan aplikasi.

Memproduksi Plastik Biodegradable Dari Kulit Singkong

Plastik adalah bahan banyak sekali digunakan dalam kehidupan manusia, karena plastik dapat digunakan sebagai alat bantu yang relative kuat, ringan, dan harga yang murah. Dalam bidang pertanian plastikpun tidak ketinggalan, sehingga terjadi peningkatan produksi pertanian, dengan demikian pemanfaatan pelastik terus meningkat. Plastik merupakan bahan yang relative nondegradable sehingga pemanfaatan plastik harus diperhatikan mengingat besarnya limbah yang dihasilkannya.

Bioethanol - Energi Alternatif

Bioethanol ( etil alcohol ) atau alkohol C2H5OH, merupakan cairan yang tidak berwarna, larut dalam air, eter, aseton, benzene, dan semua pelarut organik, serta memiliki bau khas alkohol. Salah satu pembuatan ethanol yang paling terkenal adalah fermentasi.

Macam Bahan Baku Bioethanol :

Subscribe to Teknologi Pertanian