Skip to main content
x
BPP Soko Dukung Ketahanan Pangan Melalui Penerapan Budidaya Padi Sistem Jarwo 2:1

Surani salah satu anggota kelompok tani (Poktan) Sari Tani Desa Sokosari Kecamatan Soko Kabupaten Tuban, telah menerapkan sistem tanam jajar legowo (jarwo) 2:1 dengan menggunakan varietas Inpari 32. Budidaya padi dengan sistem tanam ini diperoleh Surani dari kegiatan penyuluhan yang dilakukan penyuluh pertanian lapangan (PPL) di Kecamatan Soko.

Kostratani Jabon, Bantu Petani Lakukan Gerdal Hama Wereng Tanaman Padi

Sidoarjo, --- Kementerian Pertanian terus mendorong agar pertanian tidak boleh berhenti.

Kostratani Cilacap Amankan Panen Melalui Penerapan Pemupukan Berimbang

Cilacap – Ditengah masa transisi pandemic Covid-19, yang sulit diprediksi kapan berakhirnya, kebutuhan pangan juga diprediksi akan terus mengalami peningkatan seiring kembali berjalannya aktivitas masyarakat secara normal diberbagai bidang. Upaya mengamankan panen dalam rangka menjaga persediaan pangan terus dilakukan oleh petani yang didampingi oleh penyuluh pertanian beserta petugas pertanin lainnya. Tujuannya tentu mencegah terjadinya krisis.

Yuk Membuat Pupuk Kompos Di Rumah

Persoalan sampah memang tidak pernah habis untuk dibahas. Berita tentang Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang sudah penuh dan tak dapat menampung sampah masih sering dijumpai di beberapa tempat. Terlebih di tengah pandemi Covid-19, produksi sampah dari rumah-rumah kian meningkat, baik sampah organik maupun anorganik.

OPIS Solusi Terkini Penanganan Busuk Tanaman Pisang Musa acuminata

Instalasi Proteksi Tanaman sebagai salah satu departemen di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan telah berhasil menemukan suatu formulasi pestisida nabati yang dapat mengobati dan mencegah busuk tanaman pisang (Musa acuminata) yang diakibatkan oleh serangan bakteri dan fusarium.


Penemuan formulasi pestisida nabati ini dilatar belakangi oleh masalahyang sering dikeluhkan masyarakat. Masalah yang dijumpai ialah ditemukannya pembusukan pada bagian batang tanaman pisang yang diakibatkan oleh serangan bakteri dan fusarium.

Kepik Hijau pada Kedelai

Kepik Hijau dikenal dengan nama Nezara viridula, Green Stink Bug, dan Lembing Hijau. Hama ini merupakan salah satu hama utama pada tanaman kedelai dan bersifat polifag (pemakan segala). Tanaman inang hama ini antara lain padi, kacang hijau, kacang-kacangan, orok-orok dan kentang, serta menyerang juga tanaman  Crotalaria, wijen, jagung, tembakau, lombok dan Tephroisa.

Subscribe to Hama dan Penyakit