Skip to main content
x
Pertama Kalinya Munas IWIKP Dilakukan Secara Virtual

Seluruh Widyaiswara lingkup Kementerian Pertanian untuk pertama kalinya melakukan pertemuan secara virtual melalui zoom mee

Hendri Petani Muda Asal Grobogan Sukses Kembangkan Kelengkeng Itoh

Grobogan - Dalam berbagai kesempatan, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyampaikan pesan kepada seluruh insan pertanian untuk selalu menjaga kesehatan, pertanian tidak boleh berhenti karena wabah Covid-19 dan semua insan pertanian harus terus bergerak untuk mengawal ketersediaan pangan. “Sektor pertanian memiliki potensi yang sangat besar dalam menumbuhkan ekonomi nasional,” pesan Mentan SYL.

Budidaya Jamur Tiram dan Olahan Diversifikasi, Ciptakan Peluang Kerja Bagi Pemuda Tani

Jamur tiram putih banyak di gemari oleh semua kalangan masyarakat apalagi ditunjang permintaan pasar yang sangat tinggi. Potensi limbah kayu berupa serbuk gergaji yang belum dimanfaatkan dengan baik dan potensi pasar yang luar biasa di daerah Pandeglang selatan, membuat kelompok tani (Poktan) Mekar Sari Desa Ciburial, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, membudidayakan jamur tiram. Produk dari olahan jamur tiram putih dari Poktan Mekar Sari sangat banyak dan sudah di komersilkan di wilayah Pandeglang Selatan seperti sate jamur dan jamur krispy.

Iwan Abubakar (Sosok Penyuluh Swadaya Kabupaten Gorontalo)

Di saat para Generasi Muda Indonesia berlomba mencari pekerjaan yang layak sebagai konsekuensi dari hasil pendidikan berupa ijazah baik SMK/SMA, Diploma, Sarjana bahkan Pasca Sarjana, seorang bernama Iwan Abubakar memandang dari aspek yang spesifik. Sekalipun mind set  generasi muda saat ini bahwa pertanian identik dengan kotor, menjijikan dan tidak menjanjikan masa depan, ternyata Iwan Abubakar membuat antithesis tentang hal tersebut.  Bahwa sektor pertanian sangat memberikan kontribusi penting dalam memajukan citra suatu bangsa agraris.

P4S Persada Nusantara (Kepedulian Terhadap Pelaku Pemberdayaan Petani)

Berawal dari melihat petani dalam berusahatani di wilayah eks Karesidenan Klakah yang tidak berwawasan agribisnis, harga murah pada saat panen karena tidak mempunyai jaringan pasar yang kuat, terbatasnya sarana prasarana sebagai media belajar dan dari rasa kepedulian selaku pemberdayaan petani, sehingga dipandang perlu dibentuknya Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) Persada Nusantara. 

Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) Intan Desa Suwaru Melebarkan Sayap Menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN

Konsep pengembangan Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) yang digagas Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian nampaknya berdampak sangat positip bagi Pemerintah Daerah khususnya Kabupaten Malang. 

Subscribe to Biografi