Skip to main content
x
Integrasi Pengelolaan Keuangan Dalam PLEK Program IPDMIP Tahun 2020

Pelatihan Literasi dan Edukasi Keuangan (PLEK) merupakan salah satu program pelatihan yang mengintegrasikan kebutuhan akan pentingnya literasi dan pembelajaran keuangan bagi petani melalui pembinaan yang berkelanjutan dari penyuluh pertanian yang bertugas di wilayah yang bersangkutan.

Hendri Petani Muda Asal Grobogan Sukses Kembangkan Kelengkeng Itoh

Grobogan - Dalam berbagai kesempatan, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyampaikan pesan kepada seluruh insan pertanian untuk selalu menjaga kesehatan, pertanian tidak boleh berhenti karena wabah Covid-19 dan semua insan pertanian harus terus bergerak untuk mengawal ketersediaan pangan. “Sektor pertanian memiliki potensi yang sangat besar dalam menumbuhkan ekonomi nasional,” pesan Mentan SYL.

Ibu Rumah Tangga Ini Sulap Pekarangan Menjadi Lahan Pertanian Potensial

Rawan pangan saat ini telah menjadi isu santer dan bisa menjadi kenyataan bila tidak dicari solusinya. Lahan yang semakin berkurang, degradasi lahan yang terus menurus, serangan hama dan penyakit, pertambahan penduduk, menjadi penyebab permasalahan pangan, ditambah lagi pandemi covid-19 yang masih tinggi.  Pemerintah melalui Kementerian Pertanian tidak berhenti berusaha mengatasi persoalan tersebut. Banyak program yang telah digelontorkan, tetapi seluruh upaya itu harus diikuti konsistensi dan semangat oleh masyarakat.

Semangat Petani Cabai dan Optimisme Di Era Transisi New Normal

Ditengah pandemi Covid-19 dan transisi era new normal, para petani di  Kecamatan Kaliwungu khususnya di Desa Blimbing Kidul, Gamong dan Sidorekso tengah resa. Betapa tidak, wabah ini membuat hasil panen cabai harganya anjlok di tingkat petani. Hingga saat ini harga cabai berada pada kisaran 10.000,00 per kg ditingkat petani dan ditingkat konsumen Rp.12.000,00 - 15.000,00 per Kg.

Budidaya Jamur Tiram dan Olahan Diversifikasi, Ciptakan Peluang Kerja Bagi Pemuda Tani

Jamur tiram putih banyak di gemari oleh semua kalangan masyarakat apalagi ditunjang permintaan pasar yang sangat tinggi. Potensi limbah kayu berupa serbuk gergaji yang belum dimanfaatkan dengan baik dan potensi pasar yang luar biasa di daerah Pandeglang selatan, membuat kelompok tani (Poktan) Mekar Sari Desa Ciburial, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, membudidayakan jamur tiram. Produk dari olahan jamur tiram putih dari Poktan Mekar Sari sangat banyak dan sudah di komersilkan di wilayah Pandeglang Selatan seperti sate jamur dan jamur krispy.

Atasi Harga Anjlok, KWT Sekar Wangi Sulap Salak Menjadi Minuman Segar dan Bernilai Ekonomis Tinggi

Banjarnegara- Desa Prigi Kecamatan Sigaluh Kabupaten Banjarnegara merupakan salah satu desa sentra penghasil Salak, dimana sebagian besar penduduknya berpengasilan dari bertani yaitu budidaya salak dan hampir 1/3 wilayah adalah kebun salak.

Petani Grobogan Sumringah, Tumpang Sari Kedelai-Hortukultura Hasilkan Keuntungan Ganda

Purwodadi — Kabupaten Grobogan memulai ubinan sebagai  salah satu metode dalam dunia pertanian untuk mengetahui perkiraan dari jumlah hasil yang akan didapat pada saat panen. Petugas dari Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan bersama Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) mendampingi kelompok tani (Poktan) Ngudi Rahayu II Desa Nambuhan di Kecamatan Purwodadi melaksanakan ubinan tanaman kedelai, Kamis (11/06/2020).

Strategi Penyuluh Pertanian Dampingi Petani Menuju New Normal

Dampak pandemi Covid-19 masih meluas dan sangat perlu diwaspadai. Ditengah kebijakan pemerintah yang menerapkan new normal dibeberapa tempat, penyuluh pertanian memainkan peran strategi yang sanga penting dalam rangka memberikan respon terhadap pandemic terutama di daerah pedesaan.
Karenanya, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) meminta kepada penyuluh pertanian di seluruh Indonesia untuk membantu dirinya membangun pertanian. Kementan mendorong petani bertani secara mandiri, modern dan maju melalui program Kredit Usaha Rakyat.

Berkah Rempah Ditengah Wabah Covid-19

Tak hanya kepanikan yang dialami oleh warga, pandemi Covid-19 juga ternyata juga memberi berkah bagi produsen minuman herbal, pasalnya salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghindari paparan virus corona adalah dengan menjaga imunitas tubuh agar tetap sehat.

Diberbagai kesempatan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), mengintruksikan kepada seluruh jajaranya baik ditingkat pusat maupun daerah untuk terus melakukan pengembangan tanaman herbal yang memiliki nilai ekonomis dan manfaat tinggi khususnya di tengah situasi pandemic seperti saat ini.

Croissant Singkong Alternatif Potensi Bisnis Dalam Peningkatan Ketahanan Pangan

Singkong atau ubi kayu menjadi salah satu bahan pangan alternatif yang mudah diolah menjadi berbagai produk pangan olahan. Rivana Agustin Widyaiswara Pengolahan Hasil di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan Malang, khususnya di Laboratorium Pengolahan Hasil telah mengembangkan serta membuat diversifikasi produk dari singkong yakni croissant singkong. Resep pembuatannya telah disesuaikan dengan kebutuhan petani maupun yang dapat digunakan masyarakat secara luas.

Subscribe to Berita