Skip to main content
x
Bawang Merah Biji Alternatif Tingginya Harga Bibit Umbi Bawang Merah di Probolinggo

Bawang merah merupakan salah satu dari 11 komoditas strategis Kementerian Pertanian. Tanaman hortikultura ini memiliki nilai ekonomis yang cukup menjanjikan. Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu sentra produksi bawang merah di Jawa Timur. Berdasarkan data statistik menunjukkan pada tahun 2018 tercatat produksi bawang merah di Kabupaten Probolinggo mencapai 50.632 ton dengan luas lahan pertanaman sebesar 7.416 ha, sementara tahun 2019 tercatat produksi bawang merah di Kabupaten Probolinggo mencapai 56.060 ton dengan luas lahan pertanaman sebesar 7.234 ha.

Menghentikan Pertumbuhan Tanduk Pedet

Seorang peternak yang baik tidak hanya mempunyai rasa sayang kepada ternaknya, tetapi juga harus mengetahui apa, mengapa dan bagaimana kemampuan untuk menjalankan banyak pekerjaan. Sehingga semua yang dia kerjakan adalah menarik dan menguntungkan.

    Peternak sapi dapat juga merasa kewalahan atau kerepotan untuk mengerjakan pekerjaannya karena kurang dapat mengatasi sapi-sapi yang nakal  dan bertanduk. Karena bagi seekor sapi “tanduk” adalah merupakan senjata utama yang berguna untuk melindungi dirinya. Dengan tanduk sapi bisa melukai atau melumpuhkan lawannya.

Putri Malu Kaya Manfaat Untuk Dunia Pertanian

Siapa yang menyangka ternyata tumbuhan liar ini memiliki manfaat dan khasiat yang luar biasa. Putri malu yang memiliki nama latin Mimosa pudica ini ternyata kaya akan kandungan mikroba yang bermanfaat dibidang pertanian.

Diversifikasi Tanaman Pangan Lokal Upaya Pemenuhan Kebutuhan Pangan Pasca Pandemic Covid-19

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) berkali-kali menegaskan pentingnya mempercepat tanam dan memanfaatkan setiap jengkal lahan kosong untuk ditanami tanaman yang cepat panen di masa pandemi Covid-19.
“Di masa pandemi Covid-19 seperti ini ayo kita tingkatkan pemanfaatan setiap lahan untuk produksi sumber pangan. Bahkan di pekarangan rumah bisa ditanami tanaman pangan pengganti beras. Diversifikasi pangan agar masyarakat memiliki ketahanan pangan selain beras”, ungkap SYL.

Diversifikasi Pangan Padukan Ubi Kayu dan Kelor Menjadi Mie Mocaf Kelor

Potensi produksi  ubi kayu di Indonesia begitu besar dengan luas lahan penanaman mencapai 1, 4 juta hektar (Hartojo (2002), dan rata-rata produksi ubi kayu mencapai 24,56 juta ton (BPS, 2015).

OPIS Solusi Terkini Penanganan Busuk Tanaman Pisang Musa acuminata

Instalasi Proteksi Tanaman sebagai salah satu departemen di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan telah berhasil menemukan suatu formulasi pestisida nabati yang dapat mengobati dan mencegah busuk tanaman pisang (Musa acuminata) yang diakibatkan oleh serangan bakteri dan fusarium.


Penemuan formulasi pestisida nabati ini dilatar belakangi oleh masalahyang sering dikeluhkan masyarakat. Masalah yang dijumpai ialah ditemukannya pembusukan pada bagian batang tanaman pisang yang diakibatkan oleh serangan bakteri dan fusarium.

Iwan Abubakar (Sosok Penyuluh Swadaya Kabupaten Gorontalo)

Di saat para Generasi Muda Indonesia berlomba mencari pekerjaan yang layak sebagai konsekuensi dari hasil pendidikan berupa ijazah baik SMK/SMA, Diploma, Sarjana bahkan Pasca Sarjana, seorang bernama Iwan Abubakar memandang dari aspek yang spesifik. Sekalipun mind set  generasi muda saat ini bahwa pertanian identik dengan kotor, menjijikan dan tidak menjanjikan masa depan, ternyata Iwan Abubakar membuat antithesis tentang hal tersebut.  Bahwa sektor pertanian sangat memberikan kontribusi penting dalam memajukan citra suatu bangsa agraris.

Getah Tembakau Tegalpao Desa Curah Temu Kabupaten Probolinggo Tidak Sepekat Harga Jual

Berkat getah tembakau di lahan kering, penduduk dusun Tegalpao yang selama ini bergantung pada tanaman yang satu ini harus berkutat dengan naik turunnya harga jual, membuat mereka sangat sulit untuk beralih ke tanaman lain sekalipun pahit yang harus dirasakan

P4S Persada Nusantara (Kepedulian Terhadap Pelaku Pemberdayaan Petani)

Berawal dari melihat petani dalam berusahatani di wilayah eks Karesidenan Klakah yang tidak berwawasan agribisnis, harga murah pada saat panen karena tidak mempunyai jaringan pasar yang kuat, terbatasnya sarana prasarana sebagai media belajar dan dari rasa kepedulian selaku pemberdayaan petani, sehingga dipandang perlu dibentuknya Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) Persada Nusantara. 

Subscribe to Pertanian