Skip to main content
x
  • Membangun Kelompok Tani Yang Tangguh

    Kelompok tani (Poktan) merupakan salah satu mitra dari berbagai elemen yang mempunyai kepentingan untuk mencapai tujuan dalam menghadapi daya saing ekonomi nasional dan global.  Kondisi poktan saat ini perlu pembinaan dan pendampingan dalam menjawab tantangan perubahan jaman. Pembinaan kelompok tani diarahkan pada peningkatan kemampuan melaksanakan fungsinya, peningkatan kemampuan para anggota dalam mengembangkan agribisnis, penguatan poktan menjadi lebih tangguh, kuat dan mandiri.

  • Serial Piwulang dan Ungkapan Budaya Jawa “OJO DUMEH”

    Jangan sok atau jangan mentang-mentang selalu dikonotasikan dengan sifat sombong, sewenang-wenang, mementingkan diri sendiri, lupa diri, mabuk kekuasaan atau kondisi kejiwaan lainnya yang kurang baik. Dalam budaya jawa banyak nasihat agar kita menghindari dari ucapan atau cap “ojo dumeh” di lingkungan kita.

    Ojo dumeh yang umum dikenal dan diucapkan orang-orang jawa dalam kegiatan sehari-hari atau mengomentari suatu kejadian ada beberapa, seperti:

  • Gorontalo Menyambut Paradigma Baru Perencanaan dan Evaluasi Penyuluhan Pertanian

    Melalui Memorandum Of Understanding Nomor : 80/SM.620/J.3.3/08/2015 dan Nomor : 800/230/BP4K.1. antara BBPP Ketindan dan Pemerintahan Kabupaten Gorontalo dalam hal ini oleh BP4K, menyepakati bentuk kerjasama dalam rangka peningkatan kompetensi Penyuluh Pertanian melalui kerjasama ketenagaan yaitu Diklat Dasar bagi Penyuluh Terampil dan Diklat Alih Kelompok.

  • Kayu Terbang

    Kata – kata terbang terkoneksi dengan angin, ringan, melayang, lentur, kuat dan sesuatu yang bisa terbang seperti layang – layang, burung, pesawat terbang atau benda lainnya, dapat tergambar jelas dalam bayangan kita. Tapi kayu terbang? Itu hanya istilah untuk jenis kayu yang dapat diterbangkan dan hampir seluruh pesawat tanpa awak memakainya sebagai bahan baku. Pesawat udara dari kayu pada cabang olahraga aeromodelling memanfaatkan kayu jenis ini dan penghobinya sudah sangat familiar terhadapnya. Ya itulah kayu balsa ( Ochroma lagapus ).

  • Membangun Kelembagaan Petani Secara Partisipatif

    Jumlah penduduk Desa lebih banyak dibandingkan penduduk kota. (data hasil sensus penduduk, tahun 2014). Berdasarkan data dari BPS, jumlah Indonesia pada tahun 2010 adalah sebanyak 237 641 326 jiwa, yang mencakup mereka yang bertempat tinggal di daerah perkotaan sebanyak 118 320 256 jiwa (49,79 persen) dan di daerah perdesaan sebanyak 119 321 070 jiwa (50,21 persen)