STANDAR PELAYANAN SERTIFIKASI PROFESI

NO KOMPONEN   URAIAN
1 Dasar Hukum
  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik (Lembaran Negara Tahun 2009 Nomor 112 dan Nomor 3058)
  2. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: KEP/25/M.PAN/2/2004 tntang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah;
  3. Peraturan Menteri Pertanian Nomor 78/Permentan/ OT.140/12/2012 tentang Pedoman Penyusunan dan Penetapan Standar Pelayanan Publik Kementerian Pertanian.
  4. Peraturan Menteri Pertanian No:103/Permentan/OT.140/10/2013 tanggal 9 Oktober 2013 tentang Organisasi dan Tata Kerja balai Besar 
2 Jam Pelayanan

08.00 – 15.00 WIB Senin s/d Kamis
08.00 – 16.00 WIB Jum’at

3 Persyaratan
  1. Bagi Badan Publik/ Organisasi: Membawa surat pengantar, surat tugas, akte pendirian, ID Card
  2. Kalangan akademisi (mahasiswa dan pelajar) penyuluh pertanian, petani dan stake holder
4 Sistem, Mekanisme dan Prosedur
  • Sesuai SOP dan alur/ mekanisme di BBPP Ketindan
  • Persuratan
  • Disposisi oleh Kepala Balai
5 Jangka Waktu Penyelesaian

15 – 30 menit, selambatnya 1x24 jam
Balasan dan konfirmasi dalam waktu selambatnya 1 minggu

6

Biaya/Tarif
 

- Narasumber : Rp. 800.000/ jam
- Praktisi         : Rp. 600.000/ jam
- Fasilitator     : Rp. 100.000/ jam
Tarif menyesuaikan dengan standar yang berlaku:
Rp. 1.375.000/ orang/ 3 hari 

7 Produk Pelayanan
  1. Sertifikasi profesi bagi penyuluh pertanian dan petani/ pelaku pertanian
  2. Sertifikasi bagi siswa-siswi SMK Jurusan Pertanian
  3. Sertifikasi bagi mahasiswa-mahasiswi Polbangtan
8 Sarana Prasarana dan Fasilitas Pelayanan
  1. Ruang layanan
  2. Asrama
  3. Lahan praktek
  4. Alsintan
  5. Laboratorium Pengolahan Hasil. Proteksi Tanaman, Bioteknologi dan Kultur Jaringan
  6. Rumah Pupuk dan Rumah Perbenihan
  7. Kelas Indoor dan Outdoor
  8. Sertifikat bagi yang lulus uji kompetensi
9 Kompetensi dan Jumlah Pelaksana
  1. Tim TUK 13 orang
  2. Widyaiswara sebagai assessor (11 orang)
10 Pengawasan Internal

Surat Keputusan Kepala BBPP Ketindan No. 04/SK/OT.310/J.3.3/01/2016 tanggal 4 Januari 206 tentang Penetapan Satuan Pelaksanaan Pengendali Internal BBPP Ketindan

11 Penanganan Pengaduan

SOP Penanganan Pengaduan:

  • Melalui kotak saran
  • Melalui persuratan
  • Melalui Whatsapp
12 Janji Layanan

Janji Layanan Maklumat

“Dengan ini kami menyatakan sanggup untuk memberikan jaminan kepastian layanan yang berkualitas dan professional untuk meningkatkan SDM dan mutu pelayanan sesuai dengan standar serta mekanisme yang telah ditetapkan dan jika kami melanggar, kami bersedia menerima sanksi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku”

13 Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

Petugas Keamanan : 24 jam

14 Evaluasi Kinerja Pelaksana
  1. Evaluasi Kepuasan Masyarakat
  2. Evaluasi Internal

 

Bagikan Artikel :