Telp/Fax 0341-927123 / 429725

|

UPT BPPSDMP Serahkan Banpem ke P4S Jatim

Yeniartha
Aug 21, 2023

Dalam rangka penguatan kelembagaan untuk menunjang dan mendorong keberlangsungan kegiatan Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S), Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) melalui Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan memberikan pemberian bantuan pemerintah (banpem) berupa sarana pembelajaran P4S.

Pada tahun 2023, BBPP Ketindan memberikan banpem kepada tujuh P4S Provinsi Jawa Timur. Antara lain P4S Tani Makmur Kabupaten Pasuruan, P4S Gading Kabupaten Bojonegoro, P4S Pucang Sari Kabupaten Banyuwangi, P4S Goatzilla Farm Kabupaten Lumajang, P4S Napote Kreatif Kabupaten Sampang, P4S Sedulur Tani Kabupaten Jombang, dan P4S Salak Rindang Kabupaten Bangkalan.

P4S sebagai kelembagaan pelatihan/permagangan petani, diharapkan dapat langsung berperan aktif dalam pengembangan sumber daya manusia pertanian dalam bentuk pelatihan/permagangan bagi petani dan masyarakat di wilayahnya.

Secara langsung Kepala BBPP Ketindan, Sumardi Noor, memberikan banpem kepada salah satu penerima yakni P4S Sedulur Tani beberapa waktu lalu. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Jombang, Sumramba, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Jombang, Much. Rony, Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Jombang, dan Ketua FK P4S Kabupaten Jombang. Bantuan ini diserahkan langsung oleh Kepala BBPP Ketindan kepada Ketua P4S Sedulur Tani, Wiwin Isnawati.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengatakan, P4S merupakan pusat pembelajaran dari petani untuk petani, memegang peranan penting dalam pembangunan pertanian. Untuk mewujudkan kedaulatan diperlukan dukungan SDM yang mumpuni.

Karena itu, pengembangan SDM Pertanian diarahkan pada peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap untuk membentuk kepribadian yang mandiri bagi SDM pertanian khususnya petani.

Kunci keberhasilan utama dari pembangunan pertanian bukanlah bantuan sarana prasarana seperti pupuk, benih, maupun alsintan dan lain lain, akan tetapi yang terutama keberhasilan pembangunan pertanian adalah SDM-nya,” katanya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala BBPP Ketindan, Sumardi Noor berharap bagi semua P4S yang menerima bantuan dari pemerintah bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Harapannya agar kualitas P4S semakin baik dalam mendukung dan meningkatkan SDM yang lebih professional dan berdayasaing. Dalam arahannya Kepala BBPP Ketindan mengatakan perlu adanya penumbuhan P4S di Kabupaten Jombang. Selain itu BBPP Ketindan selalu mendukung kegiatan P4S dan program pembangunan pertanian.

Saya juga berharap bantuan pemerintah ini bisa membuat P4S lebih aktif dan mendukung program-program Kementerian Pertanian,” katanya saat memberikan bantuan pemerintah secara langsung di P4S Sedulur Tani.

*Yeniarta/Junni Fardiana

Similar Post