Telp/Fax 0341-927123 / 429725

|

Batang Hari Kukuhkan Pengurus Perhiptani Periode 2024-2029

Najia
Jan 14, 2024

Dewan Pengurus Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani ) Daerah Batang Hari, Provinsi Jambi pada 28/12/2023 lalu melaksanakan Musyawarah Daerah sekaligus dengan berakhirnya masa jabatan periode pengurus periode 2018-2023.

Acara tersebut berlangsung di Ruang Pola Besar Kantor Bupati Batang Hari. Dihadiri secara langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Muhamad Azan, Asisten ll Setda H. Isa, dan Kepala Dinas Pangan Pertanian Perikanan Kabupaten Batang Hari, Farizal.

Muhamad Azan selaku Sekda mewakili Bupati Batang Hari, membacakan sambutan Bupati. Dalam sambutannya, disampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Batang Hari merupakan pengemban amanat rakyat Batang Hari, memprioritaskan program pertanian sebagai sektor hulu dari semua sektor bidang di 36 visi dan misi Pemerintah Batang Hari.

“Untuk mewujudkan hal tersebut target yang harus dicapai adalah mewujudkan petani cerdas, penyediaan bibit bersertifikat serta kemudahan akses permodalan. Tiga hal tersebut merupakan indikator keberhasilah kita mencapai realisasi program kerja menuju Batang Hari tangguh,” jelas Muhammad Azan membacakan sambuta Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan Pertanian Dan Perikanan Kabupaten Batang, Farizal, mengungkapkan bahwa, ia cukup berbangga kepada para penyuluh pertanian dan perikanan dapat memiliki organisasi profesi yang baik dan dapat mengayomi semua para anggotanya. Farizal berharap ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan sehingga antara pimpinan selaku pemangku kebijakan dapat seiring sejalan dalam mencapai target kerja khsususnya di bidang pertanian.

“Kami menyadari tugas penyuluh sangat berat untuk merubah perilaku petani-petani kita dari tidak mau menjadi mau, dari tidak bisa menjadi bisa, dari belum berhasil menjadi berhasil, dan jika kerja ini tidak dilakukan dengan ikhlas saya yakin bapak ibu penyuluh tambah berat melaksanakan tugas mulia tersebut,” tegas Farizal.

Sebelum dilakukan pengukuhan Dewan Pengurus Perhiptani periode 2024-2029, Ketua Perhiptani periode 2018-2023 memberikan sambutannta, bahwa perhiptani hadir sebagai wadah bagi penyuluh pertanian dengan tujuan untuk mendukung program pemerintah dan kegiatan masyarakat dalam mewujudkan sistem pertanian yang maju, mandiri dan modern serta berwawasan agribisnis.

Perhiptani hadir untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam mengembangkan sistem penyuluhan yang efektif, efisien dan produktif. Mengembangkan serta menyebarluaskan ilmu, teknologi, metode dan manajemen penyuluhan pertanian. membina jiwa korsa, mengembangkan profesionalime dan menyalurkan aspirasi penyuluh pertanian.

Setelah pembacaan laporan pertanggung jawaban, dan laporan keuangan oleh Ketua dan Bendahara pengurus PERHIPTANI periode 2018-2023, dilanjutkan dengan Sidang Pemilihan Ketua Perhiptani Periode 2024-2029. Terpilih sebagai Ketua Irfan Adesra, Wakil Herlina, Sekretaris, Yayansa, dan Bendahara, Erobmawati.

Sebagai Ketua Perhiptani periode 2024-2029, Irfan Adesra, menyampaikan harapannya, bahwa kedepan Perhiptani dapat meningkatkan rasa kepemilikan organisasi menjadikan wadah keluarga, dan dapat bersaing dengan organisasi lain, seperti PGRI, IDI, IBI. Dll.

“Jangan membiarkan pengurus yang bekerja, karena organisasi ini milik kita semua yang berlatar belakang penyuluh bukan hanya pemilik pengurus dan golongan tertentu saja,” ujar Irfan menutup sambutannya. IRF/YNI

Similar Post