Telp/Fax 0341-927123 / 429725

|

Dukung Reformasi Birokrasi, Kementan Aktualisasikan Core Value BerAKHLAK

Aulia
Jul 15, 2024

Core Values ASN BerAKHLAK dan Employer Branding “Bangga Melayani Bangsa” menjadi dasar penguatan budaya kerja di instansi pemerintah dalam mendukung transformasi SDM Aparatur dan reformasi birokrasi, tak terkecuali di lingkup Kementerian Pertanian.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, menegaskan bahwa nilai-nilai dasar BerAKHLAK akan menjadi acuan sebagai dasar penerapan budaya kerja di Kementerian Pertanian untuk mewujudkan birokrasi organisasi yang sehat, transparan serta akuntabel.

Plt. Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, mengungkapkan adanya core values ASN BerAKHLAK ini menuntut ASN agar bekerja semaksimal mungkin, khususnya ASN untuk lingkup BPPSDMP sendiri.

“BPPSDMP mempunyai tugas khusus dalam mencetak petani pengusaha milenial, melakukan pendampingan penyuluh dan petani serta meningkatkan kapasitas penyuluh dan petani. Oleh karena itu, untuk melaksanakan tugas tersebut perlu didukung oleh aparatur yang tidak hanya sekedar melaksanakan tugas namun juga profesional, kompeten, mandiri dan berdaya saing”, ujar Dedi.

Untuk mendukung transformasi birokrasi dan SDM Aparatur yang adaptif, Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan, Nurul Qomariyah, memberikan pembinaan kepada seluruh pegawai mengenai internalisasi dan implementasi core values BerAKHLAK, Senin (22/07/2024).

Nurul menegaskan, ASN merupakan ujung tombak dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintah maupun tugas-tugas pembangunan guna mewujudkan pemerintahan yang baik agar tercapai masyarakat yang makmur dan sejahtera. Sangat ironis apabila sebagai ujung tombak dalam rangka mencapai kesejahteraan masyarakat tetapi dalam melaksanakan tugasnya sebagai pelayan publik tidak memiliki Sense of Belonging atau rasa memiliki.

“Internalisasi dan implementasi core values BerAKHLAK yaitu berorientasi layanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, kolaboratif merupakan gerbang penguat budaya kerja yang mendesak untuk diwujudkan. Semakin kuat budaya kerja, semakin tinggi produktivitas yang dihasilkan pegawai, sehingga pada akhirnya akan memberikan kepuasan kepada masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan para pegawai ASN”, terang Nurul.

Dengan implementasi dan aktualisasi core values BerAKHLAK dalam perilaku dan prestasi sehari-hari, maka akan tecipta sistem kerja yang adaptif, inovatif, responsif, dan berintegritas selaras dengan perkembangan zaman dan kebutuhan stakeholder yang semakin meningkat sehingga mampu mendukung reformasi birokrasi yang bersih, transparan serta akuntabel, pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan Komitmen Bersama ASN BerAKHLAK, yang diikuti oleh seluruh ASN BBPP Ketindan sebagai wujud dukungan terciptanya transformasi birokrasi dan SDM Aparatur yang adaptif seiring perkembangan teknologi dan zaman dan menciptakan budaya.

Diterbitkan di lajurpertanian.com dan swadayaonline.com

Similar Post