Telp/Fax 0341-927123 / 429725

|

Perkuat Jejaring Kerjasama, Kementan Kukuhkan Pengurus Ikamaja Jatim

Aulia
Oct 05, 2023

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan upaya peningkatan kualitas SDM pertanian dilakukan dengan berbagai cara, termasuk salah satunya dengan magang ke luar negeri.

"Kegiatan magang ke luar negeri dimaksudkan untuk memberikan kesempatan pada petani muda Indonesia serta memperdalam, memperkuat keterampilan dan kompetensi yang ditentukan melalui bekerja dan belajar di keluarga petani atau perusahaan,” kata Mentan Syahrul.

Sementara itu Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembagan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa seluruh petani yang mengikuti magang akan memiliki peluang menjalin jejaring kerjasama dengan petani lainnya. “Diharapkan peserta dapat memperoleh manfaat dari ilmu dan praktik dalam mempromosikan sektor pertanian serta dapat menerapkan pembelajaran yang didapat di Indonesia” jelas Dedi.

Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian cq Pusat Pelatihan Pertanian mewadahi Ikatan Alumni Magang Jepang (Ikamaja). Dimana Ikamaja dibentuk sebagai wadah bagi semua alumi peserta yang telah menyelesaikan magang pertanian di Jepang. Selain itu alumni petani bisa saling bertukar informasi, mengaplikasikan ilmu dengan mengembangkan agribisnisnya serta menjalin jejaring kerjasama di bidang pertanian dengan sesama alumni magang Jepang.

Pada Rabu, 4/10/2023 Ikamaja Provinsi Jawa Timur melaksanakan jambore dan pengukuhan pengurus Ikama Jawa Timur yang dihadiri oleh 183 alumni magang Jepang. Kegiatan dilaksanakan di Balai Desa Kerangkong, Kecamatan Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Jambore bertema menumbuhkan petani muda yang berprestasi menuju SDM yang unggul, juga dihadiri oleh Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan, Kepala BBPP Batu, Wakil Direktur III Polbangtan Malang, Presiden Ikamaja Nasional, dinas pertanian kabupaten Bojonegoro, serta Ketua Forum Komunikasi Pusat Pelatihan Pertanian di Perdesaan Swadaya (FK P4S) Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Kepala BBPP Ketindan, Sumardi Noor, mengatakan bahwa BBPP Ketindan sebagai Sekretariat Ikamaja Jawa Timur memberikan ruang bagi alumni Magang Jepang untuk berkembang dan memanfaatkan sarana serta prasarana yang disediakan.

Sumardi juga menambahkan agar dalam waktu dekat disediakan laporan rencana kegiatan Ikamaja yang masuk ke BBPP Ketindan sebagai laporan kegiatan jangka menengah dan jangka panjang di tahun 2023 -2028.

“Saya juga berharap agar ada laporan kegiatan alumni magang ke Jepang atas implementasi hasil dari permagangannya selama di Jepang,” ujar Sumardi Noor.

Dalam sambutannya, Ferdi Saifulloharahan selaku Presiden Ikamaja Nasional, mengatakan agar dibentuk struktur di tingkat kabupaten/ kota, membuat program kerja, menyiapkan atribut organisi kepada seluruh anggota dan melakukan kegiatan-kegiatan yang berdampak langsung bagi masyarakat serta para petani didaerahnya. Seperti contohnya yakni kegiatan alumni Ikamaja yang ada di Indonesia.

Berita terbit di Swadayaonline.com

Similar Post