Telp/Fax 0341-927123 / 429725

|

Sinergitas Kementan dan BNPT Melalui Pelatihan Nilai Tambah Olahan Hasil Pertanian di Lamongan

Aulia
Sep 01, 2023

Sinergitas Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) merupakan salah satu progam dari BNPT dalam memberdayakan para mantan napi yang pernah terlibat dengan urusan hukum. Pada sinergitas ini, semua peserta mendapatkan kesempatan menerima materi melalui proses pembelajaran dengan tema mengelola hasil pertanian dan dapat meningkatkan perekonomian keluarganya.

Pelatihan mengolah hasil pertanian merupakan hasil kerjasama antara BNPT dengan Kementerian Pertanian cq Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) yang dilaksanakan secara teknis oleh Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan. Pelatihan telah dilaksanakan di Desa Tenggulun, Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur pada 22-24 Agustus 2023 lalu dan diikuti oleh 30 orang peserta mantan narapidana.

Pengolahan hasil pertanian adalah kegiatan merubah bahan pangan sehingga beraneka ragam bentuk dan macamnya disamping juga untuk memperpanjang daya simpan, dengan pengolahan diharapkan bahan hasil pertanian akan memperoleh nilai tambah yang jauh lebih besar. Sebagai upaya dalam meningkatkan ekonomi masyarakat, terutama sektor pertanian, maka perlu adanya inovasi dalam meningkat harga jual produk pertanian dengan cara mengelola hasil pertanian tersebut. Harga jual dan daya beli masyarakat akan lebih maksimal apabila pengolahan hasil pertanian dapat diwujudkan karena memiliki harga jual yang lebih tinggi dibanding harga panen.

Tujuan pelatihan adalah untuk meningkatkan kompetensi sasaran sinergitas BNPT dalam pengolahan hasil pertanian, khususnya jagung dalam mendukung program diversifikasi pangan. Output pelatihan adalah terlatihnya 30 orang sasaran sinergitas BNPT yang berada atau tinggal di Kabupaten Lamongan; meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para eks binaan dalam melakukan kegiatan di bidang pertanian terutama pengolahan hasil pertanian jagung.

Selain pemanfaatan komoditas jagung, materi lainnya yang bisa menambah ekonomi keluarga seperti mengelola potensi di sekitar pekarangan rumah. Salah satu potensi sekitar pekarangan rumah, memanfaatkan tumbuh kembangnya komoditas sayuran. Keberadaan sayuran hijau yang dapat dikembangkan di pekarangan, bisa diolah menjadi produk pangan kualitas bagus ataupun dijual dalam bentuk segar dengan menggunakan pengemasan yang higenis serta menarik. Diakhir proses pembelajaran, keseluruhan para sinergitas BNPT dapat merasakan hasil praktek pelatihan pengolahan hasil pertanian yang sangat memuaskan di mulai dari pembuatan tepung diversifikasikan menjadi kue kering, kulit pizza, stick jagung serta kerupuk jagung dan pengolahan keripik aneka sayuran pekarangan.

Berita terbit di Swadayaonline.com

Similar Post