Telp/Fax 0341-927123 / 429725

|

Sukseskan Program Strategis Perluasan Areal Tanam, Kementan Perkuat Insan Pertanian

Najia
Aug 06, 2024

Kementerian Pertanian (Kementan) saat ini tengah fokus dengan program strategis dalam rangka antisipasi krisis pangan global, melalui program perluasan areal tanam (PAT), pompanisasi yang dilakukan di seluruh provinsi, dan termasuk salah satunya di Jawa Timur.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman megingatkan kepada kita semua, untuk berkontribusi meningkatkan produktivitas, kita harus mampu memitigasi kondisi-kondisi terkini yang dihadapi oleh dunia saat ini termasuk Indonesia.

“Kementan telah melakukan berbagai terobosan untuk meningkatkan indeks tanam dan produktivitas padi. Salah satunya dengan memperkuat Perluasan Areal Tanam Padi (PAT) melalui pompa di lahan pertanian,” jelas Mentan.

Plt. Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, menyampaikan bahwa penanaman tepat waktu dan pemilihan varietas tanaman yang sesuai dengan kondisi lingkungan setempat, menjadi strategi jitu meningkatkan produksi pangan.

“Petani menjadi aktor utama dalam peningkatan produksi padi nasional dengan cara menambah luas tanam sehingga bertambah luas panen serta meningkatnya produksi padi,” ujarnya.

Dalam mendukung arahan Menteri Pertanian, Kepala Pusat Pelatihan Pertanian, Muhammad Amin, menegaskan untuk mendukung agar produktivitas pertanian benar-benar meningkat untuk menghadapi krisis pangan saat ini, peran kita sebagai pusat pelatihan, balai pelatihan yang memberikan edukasi kepada kelompok tani, para petani yang membutuhkan informasi terkait kondisi terkini, yang menjadi harapan petani kita agar mendapatkan informasi dengan benar.

“Target capaian yang harus kita penuhi, meskipun BBPP Ketindan belum mendapatkan kesempatan sebagai Penganggung Jawab Kabupaten maupun Provinsi, tetapi kita harus ikut berpartisipasi, secara keseluruhan Badan PPSDMP termasuk pusat maupun balai besar dan UPT lainnya di bawah BPPSDMP ikut berpartisipasi dalam rangka mendukung program-program strategis kementan”, ungkap Amin (5/8/2024).

Amin juga menjelaskan kaitannya dengan kunjungan kerja Wakil Menteri Pertanian ke BBPP Ketindan, untuk meninjau bagaimana kesiapan SDM dalam rangka menghadapi kondisi saat ini, aktivitas yang telah dilakukan dalam rangka memberikan support terhadap kegiatan-kegiatan Kementan.

“Kehadiran Bapak Wakil Menteri (Wamen) Pertanian dalam rangka hubungan kerja terkait dengan program yang dimaksud yaitu PAT, kemudian mengunjungi beberapa lokasi/wilayah yang terkait dengan pompanisasi, termasuk juga ke UPT kita untuk melihat kegiatan-kegiatan yang selama ini kita lakukan, termasuk fungsi-fungsi yang kita laksanakan sebagai fungsi pelatihan yang sudah banyak memberikan edukasi kepada kelompok tani maupun kepada penyuluh”, jelas Amin.

Ia berharap kepada widyaiswara yang ada di BBPP Ketindan untuk memberikan literasi kepada penyuluh dan kelompok tani, agar mereka mendapatkan informasi sehingga bisa mengaktualisasikan kegiatan-kegiatan yang diinformasikan ke tingkat lapangan.

Di akhir, Amin menegaskan kepada semua pegawai lingkup BBPP Ketindan untuk meningkatkan kedisplinan dan kinerja sebagai apartur, karena tantangan semakin besar kedepan.

“Kalau kita tidak mengikuti perubahan-perubahan ini, maka perubahan itulah yang akan menggilas kita, oleh karena itu kita harus mampu beradaptasi dengan kondisi perubahan yang ada. Sehingga kita bisa berdaya saing dengan kondisi yang ada,”pungkasnya.

Menanggapi arahan Kepala Pusat Pelatihan Pertanian, Kepala BBPP Ketindan, Nurul Qomariyah, berpesan kepada seluruh pegawai di BBPP Ketindan agar pro aktif serta adaptif dalam setiap arahan dan perubahan yang ada.

“Bahwa segala kemajuan yang kita capai karena kita bergerak maju, tak kenal lelah dalam mewujudkan perubahan. Kita semua harus menjadi teladan yang inspiratif,” kata Nurul.

Ia berpesan agar semua pegawai BBPP Ketindan menyambut dan menyiapkan segala sesuatunya dengan memberikan pelayanan terbaik saat Wamentan melakukan kunjungan kerja ke BBPP Ketindan.

“Merupakan suatu kebanggaan dengan hadirnya Wakil Menteri Pertanian di tengah-tengah kita semua dengan melihat segala capaian atas kerja keras kita bersama. Jadi, marilah berikan yang terbaik saat beliau berkunjungan ke BBPP Ketindan,”tandas Nurul. YNI

Similar Post