Telp/Fax 0341-927123 / 429725

|

Sukseskan Program Strategis, UPT Kementan Motivasi Pegawai

Yeniartha
Aug 25, 2024

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) berkomitmen mendukung kemajuan pertanian Indonesia melalui berbagai bentuk peningkatan kompetensi SDM Pertanian. BPPSDMP Kementan, mendorong sumber daya manusia (SDM) pertanian untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Balai Besar Pelatihan Pertanian (BPPP) Ketindan sebagai UPT Pelatihan memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas SDM Pertanian. Karena, mereka sebagai pihak yang memberikan pelayanan serta berhubungan langsung baik dengan petani, penyuluh, maupun masyarakat umum.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Idha Widi Arsanti melaksanakan kunjungan BBPP Ketindan, Jum’at 23/08/2024. Dalam kunjungan tersebut juga dilaksanakan launching Simphoni Emas P4S sebagai proyek perubahan dalam mendukung Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) II, sekaligus dilaksanakan pembinaan kepada seluruh pegawai BBPP Ketindan.

Dalam arahannya dihadapan semua pegawai BBPP Ketindan, Santi mengatakan, Tim BBPP Ketindan harus kompak, karena dengan demikian, akan semakin memperkuat BPPSDMP secara menyeluruh dan kemudian bisa menghasilkan output kinerja yang lebih baik.

“Saya juga kagum dengan kedisiplinan di BBPP Ketindan yang sudah sangat bagus dan optimal, lingkungan juga bersih sehingga bisa menjadi SDM yang dapat diandalkan,”puji Santi.

Dalam kesempatan tersebut Santi mengajak kepada semua pegawai untuk ikut mendukung dan mensukseskan program Kementerian Pertanian seperti perluasan areal tanam (PAT) satu juta hektar dan pompanisasi karena dalam rangka mewujudkan mimpi Indonesia akan menjadi negara swasembada beras/pangan.

“Selain itu yang terbaru, kita juga wajib mendukung pula program Indonesian Milenial for Modern Agriculture Corporation (IMMA Co), yang bertujuan untuk peningkatan pengelolaan alat-alat pertanian di Indonesia melalui pendampingan pada kelompok Unit Pengelolaan Jasa Alsintan (UPJA),” jelasnya.

Sementara itu Kepala BBPP Ketindan, Nurul Qomariyah, mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan waktu yang telah diluangkan oleh Kepala Badan PPSDMP ke BBPP Ketindan.

“Dengan arahan dari Kepala Badan, semoga mampu memompa semangat seluruh pegawai agar mampu berinovasi dan memiliki terobosan yang bermanfaat di bidang pertanian seperti yang sudah dilakukan pada masa Kepala Badan yang lalu yaitu dengan pelatihan secara online sejauh mana ilmu yang diperoleh mampu ditangkap peserta dan diimplementasikan,” kata Nurul kepada semua pegawai BBPP Ketindan.

Ia juga berharap semua pegawai lingkup BBPP Ketindan segera berpacu melaksanakan apa yang menjadi arahan dari Kepala BPPSDMP, agar mampu menjadi SDM yang unggul, mandiri dan berdaya saing.

“Pentingnya peningkatan kapasitas sumber daya manusia sebagai pilar utama dalam menghadapi tantangan pertanian masa depan. Serta kolaborasi dan sinergi antar semua pihak, baik internal maupun eksternal, untuk mencapai tujuan pembangunan pertanian yang berkelanjutan,” pungkas Nurul.

Diterbitkan di lajurpertanian.com dan swadayaonline.com

Similar Post