72 TAHUN: INDONESIA KERJA BERSAMA

MERDEKA!!!
MERDEKA!!!
MERDEKA.......

Hari ini sebagai Warga Negara Indonesia berkesempatan memperingati hari yang sangat bersejarah, hari yang menggembirakan, yitu Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, dimana sejak tahun 1945 berhasil menjadi bangsa yang merdeka, bebas dari penjajahan. Semua itu karena jasa pahlawan dan rakyat Indonesia yang berjuang demi kemerdekaan yang hakiki.

    72 tahun bangsa Indonesia telah merdeka, kita bersyukur atas kinerja yang telah kita raih. Capaian ini atas kerja keras, kerja bersama dari semua lini. Sehingga Indonesia semakin merata perekonomian, rakyat semakin bersatu dan mandiri. Pembangunan yang merata disegala bidang telah menyatukan rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Seperti dikutip dari Pidato Presiden RI di depan MPR/DPR (16/08/2017), Djoko Widodo , “Kedepan, bangsa kita menghadapi tantangan yang tidak ringan, kita akan mengarungi samudera globalisasi. Kita akan menghadapi dinamika perubahan yang sangat cepat. Kita akan menghadapi kemajuan inovasi teknologi destruktif. Tapi saya yakin dengan bersatu, kita akan bisa menghadapi semua itu. Karena bangsa kita adalah bangsa yang besar. Bangsa kita adalah bangsa yang teruji. Bangsa kita adalah bangsa petarung.”

Sejalan dengan dinamika perubahan yang semakin pesat, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan telah banyak mencapai raihan prestasi yang membanggakan. Sejak tahun 2008 telah meraih 8 program diklat yang telah terakreditasi oleh Lembaga Aparatur Negara (LAN), tmeraih Piala Abdi Bhakti Tani 2 kali, tahun 2014  meraih Plakat Emas SPI dan sebagai UPT Wilayah Bebas Korupsi (WBK), tahun 2015 kembali mempertahankan sebagai UPT WBK, juara 1 SAI/ SABMN serta juara 3 Lomba Website tingkat UPT Lingkup Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, tahun 2016 juara 1 Keterbukaan Informasi Publik/ PPID, juara 2 Lomba Website tingkat UPT Lingkup Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian dan juara 3 Lomba Website Tingkat Kementerian Pertanian, serta raihan-raihan pretasi lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Ditambah dengan semakin baiknya pelayanan dan fasilitas serta sarana prasarana yang tersedia di BBPP Ketindan. “InsyaAllah kedepan BBPP Ketindan akan semakin menjadi balai yang berprestasi dan disegani serta yang terpenting bermanfaat bagi petani dan masyarakat, ‘kata Kepala BBPP Ketindan, Djajadi Gunawan dalam pidatonya di Upacara HUT RI yang dilaksanakan di BBPP Ketindan.

    Prestasi yang membanggakan juga diraih oleh Kementerian Pertanian sebagai Institusi tertinggi dimana BBPP Ketindan bernaung. Dalam pencapainnya, Indonesia masuk peringkat 25 besar dari 113 negara yang diteliti berdasarkan capaian pembangunan pertanian. Yang sebelumnya berada di peringkat 71 dan posisi ke 74 di tahun 2015. Capaian tersebut terakit dengan pembangunan pertnian yang dilihat dari 4 aspek: secara keseluruhan, keberlanjutan pertanian, masalah gizi serta kerugian pangan dan limbah. Disamping itu, Kementerian Pertanian juga menerima penghargaan sebagai salah satu Kementerian/ Lembaga terbaik dengan nilai indikator kinerja pelaksanaan anggaran tahun 2016 serta meraih Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang belum diraih sejak tahun 2006 atau setelah 10 tahun. Hal ini tentunya menggambarkan capaian-capaian yang telah dirih oleh Kementerian Pertanian.

    Semua capaian itu hendaknya tidak membuat kita cepat berpuas diri. Tantangan kedepan tidaklah ringan. Negara Indonesia masih dihadapkan dengan masalah kemiskinan dan kesenjangan. Tugas kita sebagai aparatur negara wajib memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan menjadi balai yang melahirkan petani serta penyuluh hebat dalam membangun nagara Indonesia khususnya didunia pertanian. Dan sebagai aparatur pemerintahan, kita wajib menciptakan pemerintahan yang bersih dan berwibawa serta menerapkan nilai budaya kerja disertai dengan kejujuran, tanggungjawab, disiplin, etos kerja tinggi, ikhlas dan menjaga integritas.
    Dirgahayu Indonesiaku, Jayalah Bangsaku, Damailah Bangsaku dan Kita Jaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia..... MERDEKAAAA!!!!!!

 

Bagikan Artikel :