Ciptakan Job Creator, Job Seaker dan Trendsetter Melalui Pelatihan Vokasi Pengolahan Hasil Tanaman Bawang Merah

Pelatihan Vokasi Pengolahan Hasil Tanaman Bawang Merah Bagi Petugas (PPL) dan Pelaku Usaha telah dilaksanakan sejak tanggal 15 Juli 2019 hingga 19 Juli 2019 di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan mendapatkan keistimewaan bagi seluruh pesertanya, di tengah-tengah pelatihan praktek berbagai olahan bawang merah, mendadak mendapat kunjungan dari Kepala Balai BBPP Ketindan yaitu Dr.drh. Kresno Suharto, MP dalam rangka melihat secara langsung lokasi OJT para peserta pelatihan, menariknya tempat usaha CV. Dua Putri Sholehah dengan owner Nurul Khotimah, tidak berlokasi di tempat strategis layaknya toko oleh-oleh yang umumnya dipinggir jalan utama kota, namun tempatnya di pelosok desa dan rumahnya di perkampungan. Sehingga dalam hal ini sangat cocok untuk memberikan semangat tersendiri bagi peserta pelatihan dalam memulai usahanya dibidang pengolahan hasil tanaman bawang merah.

Disisi pemberdayaan wanita dan lingkungaanya yang sangat tinggi, CV. Dua Putri Sholehah memberdayakan nenek-nenek yang notabene para lansia yang diberdayakan sebagai pengupas bawang merah dan para ibu rumah tangga menjadi pegawai produksi sehingga dapat meningkatkan perekonomian keluarganya dan lapangan pekerjaan baru bagi penduduk sekitarnya. Masyarakat sekitar juga mendapat imbas positif ketika mendapat banyak kunjungan dari berbagai kota sehingga memajukan desanya menjadi desa unggul yang produktif dan berprestasi serta dapat meningkatkan produktivitas olahan bawang merah agar permintaan bawang merah segar juga semakin tinggi. Olahan bawang merah dapat menjadi alternatif dalam menanggulangi ketika saat panen bawang merah berlimpah yang disertai dengan penurunan harga bawang merah segar.

“Kami berharap dengan adanya OJT selama 2 hari ini, peserta pelatihan dapat menggali ilmu sebanyak-banyaknya ditempat usaha dengan brand ‘Hunay’ ini dan diterapkan secara langsung didaerahnya masing-masing serta menjadi job creator, job seaker dan trendsetter pada dunia usahanya”, kata Rivana Agustin,S.TP,MP sebagai Widyaiswara BBPP Ketindan sekaligus sebagai koordinator akademik peserta Pelatihan Vokasi Pengolahan Hasil Tanaman Bawang Merah.

Dan tidak lama setelahnya, kami juga mendapat kunjungan secara tidak sengaja dari Bapak Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Probolinggo yaitu Ir. Anung Widiarto, MM dalam rangka bersilatuhrahmi dengan para UKM Kabupaten Probolinggo, beliau menyampaikan ucapan terima kasih atas kedatangan peserta pelatihan dari berbagai propinsi dan BBPP Ketindan ke CV. Dua Putri Sholehah, harapan beliau yaitu peserta pelatihan dapat menciptakan UKM-UKM baru didaerahnya masing-masing. (Rivana/ Yeni)

Bagikan Artikel :