Inggu Laut di Puncak Gunung

Hujan rintik dan udara dingin menusuk mengantar kedatangan Tim Peliput di lokasi Wisata Bunga Potong Inggu Laut, Bumiaji, Kota Batu. Terletak di ketinggian ±1300 meter diatas permukaan laut, hamparan bunga potong yang kebanyakan jenis Krisantium tersebar dalam bilik-bilik screen housepada lahan dengan luas area ±3,5 hektar. Agrobisnis yang dikembangkan PT. Inggu laut Abadi sejak tahun 2005 inimempunyai visi dan misi membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar, dimana kegiatan budidaya dan pemasaran bunga potong yang dilakukan melibatkan 15 orang karyawan yang berasal dari desa setempat dan 6 kelompok tani binaan.

Budidaya bunga potong merupakan kegiatan yang dipandang menyenangkan dan menguntungkan dari berbagai segi, dimana berada ditengah hamparan bunga yang indah dan beraneka warna memberikan efek psikologis yang menyehatkan disamping juga mendatangkan keuntungan secara finansial. Kegiatan positif yang patut dicoba sebagai usaha untuk mendapatkan keseimbangan dalam kualitas hidup.

Dengan menggunakan teknik kultur jaringan, produksi awal Inggu Laut mencapai 50.000 tangkai bunga per bulan dan mengalami peningkatan angka produksimenjadi 250.000 tangkai bunga per bulan pada tahun ketiga, yang kesemuanya berhasil terserap oleh pasar. Dan menurut informasi yang diberikan bahwa dengan jumlah tersebut ternyata masih banyak permintaan yang tidak dapat dipenuhi, sehingga peluang besar bisnis ini masih terbuka. Selain jenis Krisan, Inggu Laut juga mengembangkan jenis lain seperti Anyelir, Garbera, Mawar, Anthurium, dan lain-lain sebagai pelengkap dekorasi. Sebanyak kurang lebih 35 varietas koleksi dikembangkan sebagai komoditas andalan Inggu Laut.

Penggunaan teknik kultur jaringan sebagai teknik perbanyakan benih merupakan pilihan tepat dalam kegiatan agrobisnis, karena selain dapat menghemat lahan juga dapat diperoleh sifat benih yang relatif lebih unggul, lebih stabil dan lebih tinggi dalam hal kuantitas.

Inggu Laut sebagai salah satu aset daerah berupaya terus mengembangkan diri dalam memberikan banyak kontribusi baik dalam bidang pertanian, perekonomian, juga pendidikan dengan telah bekerja sama dengan 26 Universitas di Indonesia. Dengan sistem keterbukaan yang diterapkan, Inggu Laut siap menjadi salah satu aset yang dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat secara umum.

Siap mengikuti jejaknya???

Bagikan Artikel :