KEMBANGKAN TANAMAN JOMBANG YANG BERKHASIAT SEBAGAI TANAMAN OBAT

Negeri ini sangat kaya dengan berbagai macam tumbuhan berkhasiat dan karenanya dapat dijadikan sebagai obat. Tanahnya yang subur dan hutannya yang kaya menjadikan Indonesia sebagai daerah tropis yang sarat dengan tetumbuhan yang dapat dimanfaatkan untuk herbal pengobatan berbagai macam penyakit, 
Balai Besar Pelatihan Pertanian mengembangkan Tanaman Jombang yang dikenal juga sebagai tanaman obat.  Tanaman  Jombang adalah herbal pendek, berbunga kuning dengan daun lebar mendatar dan tepinya berlekuk-lekuk. Bunganya sebetulnya adalah sekumpulan bunga kecil yang berkarang pada satu bongkol bunga, yang merupakan ciri khas suku kenikir-kenikiran (Asteraceae)
Tanaman Jombang berasal dari Eropa dan Asia Barat namun telah tersebar ke banyak tempat, bahkan kadang-kadang mendominasi suatu padang terbuka. Tanaman Jombang dapat memperbanyak diri secara aseksual. 
Pada umumya herba jombang ditemukan tumbuh liar di lereng gunung yang memiliki udara yang sejuk, di sisi jalan , tepi sungai, tanggul, lapangan rumput, dan area lainnya dengan kondisi tanah lembab. Tanaman Jombang dapat mencapai tinggi 10 hingga 25 cm, pada bagian tumbuhan mengandung cairan seperti susu. Daun Jombang berkumpul membentuk roset akar dan bagian pangkal rebah menutup tanah. Tanaman Jombang juga memiliki daun tunggal, dengan bentuk lanset, sungsang dengan ujung runcing, pangkal menyempit menyerupai tangkai daun, tepi bergerigi tidak teratur dan kadang berbagi sangat dalam. Panjang daun jombang 5 hingga 15 cm, lebar 2 hingga 3,5 cm, berwarna hijau dilapisi rambut halus berwarna putih, berkelamin ganda. Mahkota bunganya berwarna kuning, diameter 2,5 hingga 3cm. Buah jombang berbentuk tabung, berwarna putih. Akarnya panjang, tunggal atau bercabang.
A. Kandungan
Tumbuhan Jombang ini mengandung taraxasterol, taraxacerin, taraxarol, kholine, inulin, pektin, koumestrol dan asparagin. Pada bagian akar, jombang mengandung zat taraxol, taraxerol, taraxicin, taraxsterol, β-amyrin, stigmasterol, β-sitosterol, choline, levulin, pektin, inulin, kalium, glukosa dan fruktosa.
Komposisisi zat yang terdapat pada daun jombang terdiri dari lutein, violaxanthin, plastoquinone, tanin, karotenoid, kalium, natrium, kalsium, choline, tembaga, zat besi, magnesium, fosfor, silikon, sulfur, dan vitamin (A, B1, I B2, C dan D). Bunganya mengandung β -sitosterol, 5 ࢪ-stigmast-7en-3-β-ol, asam folat dan vitamin C.
B. Manfaat dan kasiat
Diantara banyak Manfaat dari tanman jombang, di bawah ini kami sajikan beberapa manfaat dan kegunaan Tanaman Jombang
1. Obat diabetes dan hipertensi 
2. Obat bisul
3. Obat memperbanyak ASI
4. Obat sakit maag kronis
5. Obat  abses(nanah) payudara
 
Sumber:
1. Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan
3. https://www.deherba. Com.herbal A-Z, jombang
4. https:// warta pengobatan.blog spot.com
Bagikan Artikel :