Pelatihan Vokasi: "Menapak Peluang Usaha Melalui Olahan Kedelai"

Pelatihan vokasi yang spektakuler terus melahirkan job creator dan job seeker baru. Berbagai peluang melahirkan generasi baru atau peningkatan kompetensi bagi petugas maupun pelaku usaha sangat diminati oleh seluruh peserta yang mengikuti pelatihan dari awal hingga akhir. 

Seperti yang tengah dilakukan oleh peserta pelatihan vokasi pengolahan hasil tanaman kedelai bagi petugas dan pelaku usaha yang tengah melaksanakan on the job training atau yang dikenal dengan istilah OJT.  Peserta melaksanakan OJT di Home Industri Keripik Tempe "Bu Noer" di Sanan, Lowokwaru, Kota Malang.  

Kegiatan dimulai dengan pemilihan bahan baku kedelai dan tempe yang baik,  kemudian dilanjutkan pada proses olahan. Proses olahan dimulai dengan pengirisan tempe, kemudian proses pengadonan bumbu dan dilanjutkan dengan penggorengan. Pada tiap-tiap proses ini, semua peserta melakukan sesuai dengan SOP dan keamanan pangan maupun keamanan bekerja.  

Lina Novi Ariani selaku widyaiswara pendamping dari pelatihan ini mengatakan pentingnya peserta memahami cara kerja dalam pengolahan hasil seperti pembuatan kripik tempe ini. 

Diakhir proses, peserta melakukan pengemasan keripik tempe menggunakan sealer machine serta pelabelan. Hal yang sangat baru ini membuat peserta telah memikirkan usaha rumahan yang bisa memberi nilai ekonomis tinggi terutama untuk olahan kedelai yang bermutu dan berkualitas.

Bagikan Artikel :