PESERTA IPDMIP PRAKTIKKAN BUDIDAYA PADI

Pelatihan Bagi Staf Lapangan Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Project (IPDMIP) di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan yang dilaksanakan mulai tanggal 9 Oktober 2019, memasuki hari ke lima. Beberapa kegiatan praktik telah dilakukan selama beberapa hari. Hal ini dimaksudakn agar seluruh staf lapangan memahami betul untuk mengemban tugas terkait pemanfaatan irigasi dan terutama peningkatan budidaya padi lahan irigasi yang mencakup PTT padi sawah irigasi dan jarwo, PHT padi khususnya tikus, panen dan pasca panen serta optimalisasi pemnafaatan lahan dan air irigasi secara partisipatif.

BBPP Ketindan memfasilitasi kegiatan praktik secara penuh dan didampingi oleh widyaiswara yang kompeten dibidangnya. Pelatihan ini sangat penting dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi para petugas/ staf/ penyuluh dalam transfer informasi dan teknologi pertanian. Sehingga sejak tahun 2014, Ditjen SDA dengan bantuan dana hibah dari ADB telah menyusun anggaran utnu IPDMIP yang fokus pada peningkatan produktivitas pertanian beririgasi meliputi 1800 daerah irigasi dengan luas lebih kurang 330.000 hektar berlokasi di 16 provinsi dan 74 kabupaten. 

Kegiatan IPDMIP diharapkan bisa memberikan manfaat pada peningkatan nilai dan keberlanjutan irigasi pertanian, meningkatkan ketahanan pangan dan pendapatan masyarakat perdesaan. Sehingga kerjasama antara petani dan semua pihak terkait sangat diperlukan utuk suksesnya Indonesia menjai lumbung pangan dunia 2045.

Pada hari ketiga dan keempat peserta praktek melaksanakan praktik penanaman padi mulai dari persiapan benih hingga cara pemeliharaan. 

Bagikan Artikel :