SILASE JERAMI SOLUSI PERSEDIAAN PAKAN TERNAK MUSIM KEMARAU

Salah satu materi dari pelatihan/ permagangan petani di Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Sedana Sari Kabupaten Badung adalah pembuatan silase jerami padi. Apa itu silase?

Silase adalah pakan yang telah diawetkan dan diproses bahan bakunya berupa hijauan pakan ternak yang telah difermentasikan oleh bakteri asam laktat dalam suasana asam dan anaerob (berproses tanpa oksigen) untuk memacu terbentuknya suasana asam dapat ditambahkan aditif berupa karbohidrat yang mudah dicerna seperti tetes tebu dan dedak.

Tujuan dari pembuatan silase adalah untuk mensiasati persediaan pakan ternak di musim kemarau, menampung kelebihan hijauan pada musim penghujan agar nisa dimanfaatkan secara optimal serta mendayagunakan limbah hasil pertanian seperti jerami padi dan jagung.

Tentu saja silase jerami ini sebagai solusi tepat yang bisa dipakai oleh petani di daerah Kabupaten Badung yang mempunyai banyak peternakan. Rata-rata peserta adalah petani yang mempunyai ternak sapi dan memerlukan cadangan pakan disaat musim kemarau. Sehingga materi ini sangat penting bagi petani yang mengikuti permagangan. Peserta sangat antusias melakukan kegiatan praktek pembuatan silase jerami, karenanya hal ini sangat inovatif dan aplikatif bagi mereka, daripada bersusah payah mencari hijauan apalagi disaat musim kemarau tiba.

Nilai gizi silase setara dengan atau bahkan bisa lebih dengan adanya tambahan karbohidrat, bisa disimpan lebih lama dan disukai ternak karena mudah dicerna dan mengeyangkan.

 

Bagikan Artikel :