Telp/Fax 0341-927123 / 429725

|

Kementan Ajak Pegawai Implementasikan Etos Kerja

Yeniartha
Sep 23, 2024

Sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) dibawah Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan terus menginternalisasi core values ASN BerAKHLAK.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, menegaskan bahwa nilai-nilai dasar BerAKHLAK akan menjadi acuan sebagai dasar penerapan budaya kerja di Kementerian Pertanian untuk mewujudkan birokrasi organisasi yang sehat, transparan serta akuntabel.

Terpisah, Idha Widi Arsanti, Badan PPSDMP, menyampaikan, ASN milenial harus bisa berdampak bagi perubahan kehidupan petani dan peningkatan produktifitas pertanian.

“Bimbingan Teknis dan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas para ASN terus kami lakukan” ujarnya.

Ia menambahkan, akan terus melakukan sosialisasi agar core value BerAKHLAK ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari para ASN.

Perlunya menyiapkan mental dan karakter serta profesionalisme dan integritas para ASN milenial Kementan sedini mungkin melalui upaya-upaya pre-emptif dan preventif melalui pembinaan secara berkelanjutan untuk menginternalisasi nilai-nilai tersebut. Harapannya, para ASN dapat terus mengembangkan kemampuannya dalam berinovasi dan adaptif di era global.

Salah satu kegiatan rutin internalisasi yakni melalui apel pagi yang dilaksanakan setiap hari Senin (23/09/2024), tema yang diangkat oleh BBPP Ketindan yaitu tentang peningkatan etos kerja yang harus menjadi prioritas bersama.

Sebagai institusi pelatihan pertanian, BBPP Ketindan memiliki tanggung jawab besar untuk membentuk dan membina tenaga kerja yang profesional, kompeten, dan memiliki semangat kerja yang tinggi.

“Etos kerja bukan hanya tentang kecepatan menyelesaikan tugas, tetapi juga bagaimana kita bekerja dengan penuh tanggung jawab, kejujuran, dan integritas. Tanpa etos kerja yang baik, sulit bagi kita untuk bersaing, apalagi berinovasi,”jelas Nurul dihadapan semua pegawai lingkup BBPP Ketindan baik ASN, Non ASN, maupun mahasiswa PKL serta siswa Prakerin.

“Di BBPP Ketindan, keberhasilan tidak hanya ditentukan oleh kinerja individu, tetapi juga oleh kolaborasi tim. Dengan semangat gotong royong, kita dapat mencapai tujuan bersama lebih cepat dan lebih efektif," lanjutnya.

Di akhir arahannya, Nurul Qomariyah mendorong semua pegawai agar terus mengimplementasikan etos kerja dan semua nilai-nilai ASN Ber-Akhlak dalam setiap aspek pekerjaan di BBPP Ketindan.

“Mari kita bersama-sama membangun budaya kerja yang produktif, inovatif, dan berkelanjutan. Semoga semangat ini menjadi bagian dari keseharian kita, sehingga BBPP Ketindan semakin maju dan berperan aktif dalam memajukan sektor pertanian Indonesia,”ujarnya.

Diterbitkan di lajurpertanian.com dan swadayaonline.com

Similar Post