STANDAR PELAYANAN KONSULTASI AGRIBISNIS

 

NO

KOMPONEN

URAIAN

1

Dasar Hukum

a. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik (Lembaran Negara Tahun 2009 Nomor 112 dan Nomor 3058)

b. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: KEP/25/M.PAN/2/2004 tntang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah;

c. Peraturan Menteri Pertanian Nomor 78/Permentan/ OT.140/12/2012 tentang Pedoman Penyusunan dan Penetapan Standar Pelayanan Publik Kementerian Pertanian.

d. Peraturan Menteri Pertanian No:103/Permentan/OT.140/10/2013 tanggal 9 Oktober 2013 tentang Organisasi dan Tata Kerja balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan

2

Jam Pelayanan

08.00 – 15.00 WIB Senin s/d Kamis

08.00 – 16.00 WIB Jum’at

3

Persyaratan

  • Bagi Badan Publik/ Organisasi:

       Membawa surat tugas, akte pendirian, ID Card

  • Bagi Perorangan:

       Membawa KTP/ SIM/ Kartu Pelajar, NPWP

4

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

- Sesuai SOP dan alur/ mekanisme di BBPP Ketindan

- Persuratan

- Disposisi oleh Kepala Balai

5

Jangka Waktu Penyelesaian

15 – 30 menit, selambatnya 1x24 jam

6

Biaya/Tarif

Gratis

7

Produk Pelayanan

1. Konsultasi seputar agribisnis

2. Pemasaran produk pertanian

8

Sarana Prasarana dan Fasilitas Pelayanan

1. Ruang Konsultasi

2. Landbouw Mart Ketindan

3. Seperangkat computer/ laptop dan printer

4. Bannner dan leaflet

9

Kompetensi dan Jumlah Pelaksana

Widyaiswara dengan kompetensi Sosial Ekonomi Pertanian dengan jumlah 3 orang

10

Pengawasan Internal

 Surat Keputusan Kepala BBPP Ketindan No. 04/SK/OT.310/J.3.3/01/2016 tanggal 4 Januari 206 tentang Penetapan Satuan Pelaksanaan Pengendali Internal BBPP Ketindan

11

Penanganan Pengaduan

SOP Penanganan Pengaduan

- Melalui kotak saran

- Melalui persuratan

- Melalui Whatsapp

12

Janji Layanan

Janji Layanan Maklumat

“Dengan ini kami menyatakan sanggup untuk memberikan jaminan kepastian layanan yang berkualitas dan professional untuk meningkatkan SDM dan mutu pelayanan sesuai dengan standar serta mekanisme yang telah ditetapkan dan jika kami melanggar, kami bersedia menerima sanksi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku”

13

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

Petugas Keamanan : 24 jam

 

14

Evaluasi Kinerja Pelaksana

1.  Evaluasi Kepuasan Masyarakat

2.  Evaluasi Internal

 

Bagikan Artikel :