Telp/Fax 0341-927123 / 429725

|

79 Siswa MTsN 3 Malang Lakukan Studi Ilmiah ke UPT BPPSDMP

Najia
Jan 05, 2024

Untuk meningkatkan kualitas siswanya, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Malang mengajak 79 siswanya untuk studi ilmiah di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan, pada 04/01/2024.

Kegiatan studi ilmiah bertujuan untuk menambah referesi siswa dalam melakukan riset yang dilakukan siswa MTsN 3 Malang. Hal ini seperti dituturkan oleh Wakil Kepala Sekolah MTsN 3 Malang, Moch. Noer Cholis saat menyampaikan sambutannya di hadapan Kepala Bagian Umum dan Pejabat Fungsional BBPP Ketindan serta peserta studi ilmiah.

“Anak-anak yang kami bawa hari ini merupakan siswa dari kelas VII, VIII, dan IX. Mereka adalah anak-anak terpilih yang mempunyai bakat dalam bidang riset dan tujuannya ke BBPP Ketindan untuk menambah referensi riset anak-anak, sehingga informasi dan pengetahuan bertambah sebagai bahan penelitian atau riset,”jelas Moch. Noer.

Ia menambahkan, studi ilmiah ke BBPP Ketindan diharapkan bisa terjalin kerjasama riset dalam bidang pertanian. Dan nantinya anak-anak mendapatkan materi yang sesuai dengan komoditas yang ada di BBPP Ketindan.

Edukasi Pertanian merupakan salah satu layanan unggulan BBPP Ketindan yang bertujuan sebagai sarana pembelajaran dan peningkatan SDM dari usia dini hingga dewasa terhadap dunia pertanian. Studi ilmiah atau studi tiru merupakan salah satu bagian dari layanan edukasi pertanian. Hal ini seperti dijelaskan oleh Kepala Bagian Umum mewakili Kepala BBPP Ketindan saat menerima dan memberikan sambutan.

BBPP Ketindan mempunyai untuk mewujudkan SDM Pertanian yang profesional, mandiri, berdaya saing serta mengembangkan program pelatihan pertanian berbasis kompetensi dan daya saing, mengembangkan jejaring kerjasama dan kemitraan usaha komoditas pertanian melalui pelayanan pelatihan pertanian berkualitas dan konsultasi usahatani yang prima.

“BBPP Ketindan harus turut berupaya meningkatkan skill, pengetahuan, dan kemampuan. Termasuk dalam meningkatkan SDM para penyuluh, petani, petani milenial, serta masyarakat umum lainnya seperti dari kalangan akademisi maupun pelajar,” jelas Ema Ernawati selaku Kepala Bagian Umum BBPP Ketindan.

Setelah dilaksanakan penerimaan, semua siswa menerima materi sekilas profil BBPP Ketindan, yang disampaikan oleh Humas BBPP Ketindan, Yeniarta Margi Mulya. Materi ini membahas seputar BBPP Ketindan agar semua siswa mengetahui tentang lokasi yang dijadikan studi ilmiah. Setelah penyampaian materi, Yeniarta melanjutkan membagi siswa kedalam 3 kelompok, untuk menerima materi tentang K-Smart di smart greenhouse tomat, pengolahan hasil pertanian di Laboratorium Pengolahan Hasil Pertanian, serta pembuatan asap cair dan pestisida nabati di Laboratorium Proteksi Tanaman. Secara bergantian semua siswa akan menerima materi dan tanya jawab sebagai bahan riset semua siswa. ​YNI

Similar Post