MANFAATKAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM LAKUKAN KEGIATAN DISKUSI DAN PENYULUHAN

Maju ada digenggaman tangan, akan menjadi fenomena dan kebutuhan sebagaimana seorang bersosialisasai lewat media sosial. Oleh karena itu menjadi petani handal, maju, berdaya saing dan update dapat terwujud karena teknologi langsung bisa diakses tanpa perlu tatap muka atau menyediakan ruang dan waktu tertentu. Penghilangan sekat waktu, jarak, tempat dan lainnya menjadi batasan yang selama ini mungkin telah memperlambat laju pertanian telah terpangkas dengan pemanfaatan IT.

 

Seperti halnya yang tengah dilakukan oleh peserta pelatihan metodologi penyuluhan  berbasis data dan IT dalam kegiatan on the job training (OJT) ke BPP Sukapura Kabupaten Probolinggo. Keseluruhan peserta berbagi kelompok bersama responden yang kesemuanya adalah petani di Kecamatan Sukapura atau berasal dari 3 desa sekitar Sukapura.

 

Kegiatan praktek atau on the job training oleh peserta adalah aplikasi dari ilmu yang telah diterima oleh peserta baik secara online maupun offline. Dimana peserta menjelaskan dan praktik tentang tiga hal yaitu pembuatan daftar hadir online, kuisioner online dengan google form dan meeting room webex. Materi yang saling berkaitan ini perlahan diajarkan kemudian dipraktikkan pelan-pelan sampai peserta memahami pentingnya ketiga materi ini.

 

Menurut Rahman, Kepala BPP Sukapura, kegiatan OJT ini sangat memberi manfaat bagi petani dan terutama juga penyuluh sebagai pendamping petani. Mau tidak mau semua harus bisa kemajuan teknologi. Dan ada ilmu serta teknologi baru yang bisa diserap oleh penyuluh dan petani, pungkasnya kepada Humas BBPP Ketindan, Yeniarta.

 

Terbatasnya waktu OJT, membuat beberapa responden kurang dalam diskusi. Menurut salah satu peserta meeting room dan materi lainnya sangat bermanfaat dalam kegiatan diskusi ditengah kepadatan aktivitas mereka sebagai petani. Sehingga pemanfaatan meeting room sebagai pengganti pertemuan yang biasa mereka lakukan bersama penyuluh maupun kelompok tani lainnya bisa sering mereka lakukan dengan mudah melalui teknologi digital.

Bagikan Artikel :